Adab Malam Pengantin..

Adab malam pengantin

Berjuta rasa menyelimuti jiwa pasangan pengantin baru setelah pesta pernikahan mereka. Perasaan malu, was-was, takut, ingin selalu dekat, bahagia dan salah tingkah berkumpul menjadi satu. Ada rasa cemas, gugup, berdebar-debar dan salah tingkah saat menghadapi orang lain yang kini telah halal baginya, yang biasanya hidup sendiri, kini telah ada orang yang menemani.

Bagaimana tuntunan islam dalam menghadapi saat-saat yang indah itu??? :roll:

Islam telah mengatur semuanya dengan indah.. so jangan grabak-grubuk ya, cuma gara-gara udah kebelet.. :mrgreen:  ada adab-adabnya lho.. Biar apa yang kita lakuin bernilai lebih dimata Allah SWT.. Ada pun adab-adab malam pengantin atau malam zafaf adalah.. :

  • Persiapkan perlengkapan malam zafaf (malam pengantin) dengan berhias dan melakukan perkara-perkara fitrah seperti memotong kuku, mencukur bulu kemaluan dan lain-lain.
  • Ucapkanlah salam saat memasuki kamar istri
  • Letakkan tangan diatas kening istri sambil mendo’akan keberkahan baginya. Syekh Al-bani dalam kitabnya Adabus Zafaf mengatakan,

“ seyogyanya seorang suami pada malam pertamanya terlebih dahulu meletakkan tangan kanannya dikening istrinya sambil menyebut Asma (nama) Allah SWT. Untuk meminta keberkahan-Nya.”

Pada saat meletakkan tangan diatas kening istri, sang suami hendaklah berdo’a :

“ Allahumma inni as-aluka min khairihi maa jabataha ‘alaihi wa a’udzubika min syarrihaa wa syarri ma janatahaa ‘alaihi” (Ya Allah,aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan tabi’atnya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan tabi’atnya.”

  • Shalatlah dua raka’at bersama-sama, kemudian berdo’a setelahnya. Abi Said, salah seorang budak berkata : “bahwasanya Rasulullah SAW mengawali malam pengantinnya dengan Aisyah binti Abu Bakar dengan segelas susu yang dibawanya dan diserahkannya sendiri.
  • Lepaskanlah pakaian yang anda sukai, namun masih ditutupi selimut/ selembar kain
  • Berdo’alah sebelum berjima’ (senggama) sebagaimana sabda Rasulullah,

“Bismillahi Allahumma Jannibnasy-syathaana wajannibisy –syaithaana Maa Razaqtana” (Atas nama Allah, Ya Allah jauhkanlah setan dari kami dan jauhkanlah setan itu terhadap rezeki (anak) yang engkau berikan kepada kami)

  • Berwudhu’lah jika ingin mengulangi jima’
  • Segeralah mandi atau segera berwudhu sebelum tidur
  • Diperbolehkan mandi bersama-sama dengan air yang berasal dari satu ember
  • Menjumpai keluarga suami atau istri keesokan harinya
  • Menjaga rahasia hubungan suami istri. Dalam hadist diriwayatkan, bahwa Asma Binti Yazid pernah bersama Rasulullah yang sedang dikelilingi oleh beberapa sahabat pria dan wanita. Lalu Rasulullah bersabda,

“janganlah sampai seorang suami menceritakan apa yang dilakukannya terhadap istrinya, dan janga sampai seorang istri juga menyebarkan apa yang telah dilakukannya bersama suaminya. Maka semua yang hadir terdiam hingga Asma Binti Yazid menimpali,”mereka melakukannya Ya Rasulullah,” Beliau segera bersabda,” jangan kalian lakukan itu, sesungguhnya perbuatan itu bagaikan setan jantan yang menjumpai setan betina dijalan, kemudian berzina dengannya.”

hmmm.. semoga bermanfaat ya.. :)

About these ads

151 thoughts on “Adab Malam Pengantin..

      • ini dibaca2 terus kok fit,biar inget,insya Allah ini aku praktekin kelak,dan insya Allah kamu dapat pahala karena telah mengajarkan doa2 dan adabnya setiap nanti saya mempraktekkan hal ini,itulah yg dinamakan amal jariyah atau multi level pahala. tidur pun kamu dapat pahala fit jika saya beribadah sama istri hehehehe :D

  1. Subhanalloh ukhty, ane alhamdulillah sudah melaksanakan semuanya, dan sesuai dengan adab di atas, karena dulu ane juga mengambil kitabnya Syek Albany (sampul warna kuning-dalam terjemahan Indonesia). Salam ta’aruf wal ukhuwah ukhty.

  2. tips-nya mantap dan bermanfaat buat saya :D pas banget dengan posisi saya saat ini yang sedang berencana menuju ketahap pertama dalam menjalin sebuah keluarga :D

    salam hangat

  3. hayooooo… fitri nih, bener deh, artikelnya tentang pernikahan terus, harus segera diwujudkan biar bisa praktek langsung.. :mrgreen:
    kadang praktek ga sesuai teorinya..:-P

  4. Cuman kasi saran…

    Buat kedepannya diberi penjelasan dari hadist mana dan tingkat kesohihan dari hadist tersebut, jadi pembaca awam seperti Saya ini dapat mengetahui secara benar dan tidak ragu – ragu lagi atas apa yang telah disampaikan…

  5. malaaamm pengantiinkuu udah lewaaatt ahahahaa… *tepok jidat*

    wkt nikah saya di kasih kado buku tentang perkawinan scara islam… disitu ada banyakk kasih tau ttg gmn hub suami-istri… *blushing*

    teruuusss….

    auu aaahh.. maluuuu

    hihiihih..

    *kabuurrr*

  6. Hanya saja sepertinya banyak tidak menerapkan tuntunan ini, karena mungkin sudah melupakan semuanya, dunia serasa milik berdua, hehehehe :lol:

  7. Semestinya adab-adab seperti ini terus diperhatikan ( dilaksanakan ) meskipun usia pernikahan tak lagi baru, agar kegiatan yang pribadi ini tetap bernilai ibadah. Sungguh, sangatlah lengkap dan indahnya Islam, sampai hal-hal seperti ini juga diperhatikan.

  8. heeee … wah dapat tips MP nih … heee …. jadi malu saya membacanya mbak ,,, terimakasih banyak atas pencerahannya ….
    Salam persahabatan blog dari bayu di Kalimantan Tengah.

  9. Hi hi hi jadi inget saat malam itu.. penuh malu-malu dan sungkan… tapi … xixixii (jawab sendiri)…

  10. indahnya Islam, mengawal sebuah privasi agar memiliki
    nilai tmabah dan ibadah,

    bagus infonya, hehehe..siiip ^^

  11. Cerahkan hati dengan pancaran sinar Illahi
    Tebarkan kedamaian dengan cinta kasih dan kelembutan.
    Tetaplah berkarya mengisi kreatifistas dengan pancaran cahaya Illahi
    Karyamu tetap dinanti…….

  12. Subhanalloh…
    Begitulah Alloh memuliakan kita dengan memberikan aturan untuk mannusia sampai pada berjima’..

  13. Assalaamu’alaikum Fitri

    Nice posting sebagai penambahbaikan untuk terus melalui saat-saat adab malam pengantin setiap masa. Semoga berbahagia Fitri. Salam manis dari saya.

  14. masuk kesini lgsg di suguhi ilmu baru bagi saya..kebetulan sebentar lagi mo negerasain malam pengantin….amin
    trimakasih ilmunya ya mbak….

    salam, ^_^

  15. Wah… jadi kepengen nikah niyh dan meletakkan tangan kanan ke kening istri *ngayal*. pacar aja kagak punya.
    Tapi bekal untuk nanti suatu saat saya menikah dengan istri yang shalehah. Amin!

  16. Menarik sekali sehingga membuat saya sedikit terlena, hihihihi lumayan banyak juga aturannya, kayaknya saya susah ingat deh dan kayaknya juga bakalan pengen cepet aja. cowok biasanya kan pengen cepet-cepet. hahahah

  17. Pingback: “Bertempur Pantang Kendur” « de Go Blog

  18. Pingback: PERNIKAHAN BARAKAH | Eljameel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s