Air Terjun Landu

Beberapa hari yang lalu, aku dan rekan satu tim ku, jalan-jalan ke desa wisata Rantih. Well, sebenarnya ini adalah salah satu desa dampingan kita. Rantih adalah salah satu desa yang sedang dikembangkan oleh pemerintah daerah Sawahlunto untuk di jadikan sebagai desa wisata. Desa ini berjarak lebih kurang 10 KM dari pusat kota Sawahlunto. Atau dapat ditempuh selama 15 menit berkendaraan. Di sini ada beberapa tempat wisata , ada air terjun Bikan (aku pernah posting tentang jalan-jalan ke air terjun ini sekitar setahun yang lalu), untuk mencapai lokasi air terjun yang satu ini kita harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh,dan sedikit sulit dengan berjalan kaki. Maklum saja, jalan menuju air terjun ini masih berupa jalan setapak.


Selain itu, ada lagi air terjun landu. Untuk mencapai lokasinya, kita harus naik perahu kecil sekitar 10 menit melintasi sungai ombilin. Dan dilanjutkan dengan berjalan kaki lebih kurang 15 menit. Ini adalah air terjun tertinggi di desa Rantih. Dan yang terakhir, air terjun Tinogan. Daerah wisata rantih ini udah lumayan dikenal lho, udah banyak wisatawan mancanegara yg berkunjung kesini. Tanggal 5 Juli nanti, disini juga bakal diadakan acara pencak silat tingkat internasional.

Kembali ke acara jalan-jalan tadi, jadi kemaren itu aku dan teman-teman berkunjung ke air terjun Landu. Perjalanan ke sana menurutku seru banget. Naik perahu melintasi sungai Batang Ombilin*naik perahunya bikin ketagihan euy*. dan dilanjutkan dengan berjalan kaki beberapa menit. sebenarnya jika takut naik perahu, untuk mencapai lokasi bisa ditempuh dengan jalan kaki aja kok.. tapi lebih seru dan sensasinya beda aja kalo naik perahu :D untuk mencapai lokasi air terjun Landu ini,menurut ku tidak sesulit seperti perjalanan ke air terjun Bikan *ga sampe ngos-ngosan deh :P* yang mesti diperhatikan, batu-batu di sini licin-licin, jadi harus hati-hati banget kalo ga mau jatuh :).

Air-air terjun disini debitnya tergantung musim, jadi jika musim hujan debit airnya akan lebih besar, makin bagus deh air terjunnya. Sayangnya, aku kesini saat debit airnya agak kecil. Tapi tetap, ga mengurangi pesonanya kok. Well, buat yang suka jalan-jalan sambil sedikit berpetualang, i think, air terjun ini worth it buat dikunjungin. Fasilitas-fasilitas yang menunjang daerah wisatanya belum ada, jadi masih bener-bener alami banget. Semoga ke depannya fasilitas ini bakal dilengkapi. Apalagi desa Rantih mendapatkan program PLPBK yang direncanakan untuk mengembangkan kawasan-kawasan wisata di desa ini.

Psssstttt, yang bikin seru acara jalan-jalannya sih, karena ada sesi foto-fotonya. Makasi banget buat photoghrafernya bang Ibeng yang udah sudi moto orang-orang narsis yang cerewet ini :D

37 thoughts on “Air Terjun Landu

  1. bagus ya air terjun dan pemandangannya, bening pula fotonya, hmmm…. adem dan seger….

    Oh iya, Mbak, saya sedang mengadakan giveaway betapa senangnya ngeblog. Ikutan ya, Mbak. Silakan info selengkapnya dilihat di blog saya. Makasih….

  2. lokasi air terjun seringnya gak muah di jangkau ya..beberapa kali sempat main ke air terjun semuaya menempuh rute jalan kaki hampir kisaran 1 KM..tapi teuteup seru kok kalau ke air terjun. Air terjun Landu-nya di sawah lunto ya…hehehe, sawah lunto itu dimana yak? #plakkk!

  3. Owh, untung naek perahunya dilengkapin life jacket gitu ya, jadi ga terlalu serem lah buat yg ga bisa berenang kayak saia… :D
    Entah kapan bisa maen2 ke pulau seberang ya… hmmm…

  4. Salam kenal ya nte, sumbar banyak pemandangan Yang indah..mungkin mama juga nggak Tahu persis dimana..Ini dekat danau singkarak ya? follow ya twitter ku @salsaabilaa

  5. Pingback: Pelangi Juli: Monda Siregar « LJ.returns

  6. Pingback: Kopdar Wisata Silaturahmi « Kisahku

  7. asyik banget nih! aku mau promo temen2 ah, kl dari kota padang berapa jam perjalanan darat sih ke sawah lunto?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s