Sehat Itu Simple dan Gratis: Sebuah Apel Sehari dapat Menjauhkan Dokter Darimu

Sehat dan kesehatan itu sebenarnya mudah, simple dan yang penting gratis. Tapi sebagai manusia, banyak hambatan untuk menjalankannya dan sering mengabaikan yang gratis-gratis itu. Tips  kali ini adalah hidup sehat secara gratis. Tak perlu obat tak perlu suntik. Ayo ayo silakan dibaca dan dipraktikkan🙂 Artikel yang kami dapatkan dari Edrward Forrer ini menerangkan kesehatan merupakan langkah awal untuk dapat melakukan aktivitas demi mencapai segala yang kita cita – citakan. Untuk itu kami ingin berbagi tips dengan Anda, bagaimana cara menjaga agar tubuh agar tetap sehat, berikut tipsnya.. semoga bermanfaat:

1. Berolahraga

Keuntungan yang didapat dari latihan dan aktivitas fisik:

  • Mengurangi resiko dari kematian dini
  • Mengurangi resiko dari terkena serangan jantung atau meninggal karena serangan jantung
  • Mengurangi kolesterol tinggi atau resiko terkena tekanan darah tinggi
  • Mengurangi kolesterol tinggi atau resiko dari terkena kolesterol tinggi
  • Mengurangi resiko dari terkena kanker usus dan payudara
  • Mengurangi resiko dari terkena diabetes
  • Mengurangi atau menjaga berat badan
  • Membangun dan menjaga otot, tulang, dan sendi
  • Mengurangi depresi dan ketakutan
  • Mengembangkan jiwa yang baik secara psikologikal
  • Peningkatan prestasi kerja, olahraga, dan hiburan

2. Memakan makanan sehat

Jika anda ingin untuk tetap sehat dan hidup lebih lama, anda harus memakan makanan diet yang sehat. Rutinitas dari memakan makanan yang sehat akan membantu anda melawan masalah-masalah kesehatan dan memperbaiki cara dari tubuh anda berfungsi. Hal ini akan membantu anda untuk merasa lebih baik dengan diri anda sendiri. Sangat mudah untuk jatuh ke dalam jebakan dari membeli makanan setiap malam karena anda tidak mempunyai waktu atau energi yang cukup untuk memasak sesuatu yang sehat. Anda harus melakukan di hari rutinitas anda untuk memakan buah segar atau sayuran, dengan contoh: Apel, Pisang, Stroberi, Nanas, Bluberi, Anggur, Wortel, Kentang, Kacang-kacangan, Brokoli, dll Daftar ini akan terus berlanjut dan anda akan menemukan bahwa masih ada banyak buah dan sayuran yang dapat anda nikmati. Cobalah dan dapatkan sesuatu yang baru.

Keuntungan dari memakan makanan sehat

Energi: Diet yang sehat akan menyediakan energi lebih banyak untuk anda, membuat anda merasa lebih baik, dan dapat membantu anda mengatasi
kesetresan.

Mencegah Penyakit: Memakan makanan sehat dapat membantu untuk melindungi anda dari kanker, erangan jantung, diabetes, dan masalah dengan tekanan darah. Anda juga dapat menguatkan system kekebalan tubuh anda.

Menjaga Berat Badan: Memakan makanan sehat dapat membantu anda mengurangi beberapa dari jumlah berat badan anda dan akan mengurangi lemak tak penting yang masuk dalam tubuh.

Kulit yang Sehat: Semua orang khususnya wanita menginginkan hal ini!! Seperti yang sering dikatakan – “Sebuah apel sehari dapat menjauhkan dokter darimu”. Anda harus memastikan bahwa anda memakan buah dan sayuran setiap hari dan setidaknya 5 porsi. Pastikan bahwa anda memakan makanan diet yang seimbang dan sesekali (sekali sebulan) memakan makanan yang berlemak atau fastfood tidak akan membuat anda sakit – asal tidak dilakukan setiap hari. Keuntungan dari memakan makanan yang sehat secara terus menerus akan meningkatkan cara hidup anda secara drastis. Sekarang lakukan dan makan sesuatu yang menyehatkan dan mulai seperti yang anda maksudkan untuk melakukannya terus !

3. Mengatasi Stress

Berfikir tentang waktu-waktu di hidup anda ketika anda merasa stres. Mmungkin ketika memberikan presentasi dalam pekerjaan, mengkhawatirkan anak-anak anda, berlomba untuk mencapai target waktu, atau bertengkar dengan pasangan anda. Mengingat ketika jantung anda berdetak kencang an anda susah bernafas? Orang-orang dengan penyakit gagal jantung harus menghindari gejala fisik seperti itu yang menunjukkan kesetresan. Stres dan kekhawatiran yang sangat emosional membuat jantung bekerja lebih keras, yang dapat membuat gejala-gejala yg lebih buruk. Hal itu menjawab mengapa pasien dan orang-orang terdekat yang menyayanginya harus bekerja sama untuk menjaga dan mengendalikan kesetresan.

Biasanya, orang-orang dengan penyakit gagal jantung merasa khawatir dengan diagnosa mereka dan apa yang akan terjadi kepada mereka atau keluarga mereka. Dan setiap orang punya beberapa hal yang menyebabkan stress yang “dipicu” – hal-hal seperti lalu lintas pada jam-jam sibuk, bos yang banyak menuntut, konflik atau masalah keuangan dalam keluarga. Tidak ada yang dapat mengendalikan semua tantangan ini, tetapi ada cara untuk mengatasi hal seperti itu menjadi lebih baik. Di bawah ini adalah 12 strategi yang bagus untuk mengurangi kesetresan. Gunakanlah jika anda mempunyai penyakit gagal jantung, atau berikanlah kepada orang yang anda sayangi yang mempunyainya.

  • Berbicara dengan keluarga, teman, pemuka agama atau penasehat lain yang terpercaya tentang masalah atau kestresan anda dan minta dukungan mereka.
  • Ambil 15 sampe 20 menit sehari untuk duduk diam, bernafas dalam-dalam dan memikirkan tempat yang damai.
  • Belajar untuk menerima sesuatu yang anda tidak dapat merubahnya. Anda sebenarnya tidak harus memecahkan semua masalah dalam hidup.
  • Hitung sampai 10 sebelum menjawab atau memberikan tanggapan ketika anda sedang merasa marah.
  • Jangan merokok, minum minuman keras, makan yang banyak, mengkonsumsi obat-obatan atau kafein untuk mengatasi kesetresan. Hal ini hanya membuat keadaan lebih buruk.
  • Mencari yang baik di setiap situasi daripada yang buruk.
  • Olahraga secara teratur. Lakukan sesuatu yang anda senangi, seperti berjalan kaki, berenang, jogging, bermain golf, menemani binatang peliharaan untuk berjalan-jalan, tai chi atau naik sepeda. Konsultasi dengan dokter anda untuk memutuskan aktifitas apa yang baik untuk anda.
  • Berfikir kedepan tentang sesuatu yang akan membuatmu kecewa dan berusaha untuk menghindarinya. Sebagai contoh, kurangi untuk melewatkan waktu bersama orang-orang yang mengganggu anda. Jika anda masih bekerja atau menjadi sukarelawan, potong waktu kerja anda dan sesuaikan jadwal anda untuk menghindari mengemudi di lalu lintas pada jam sibuk.
  • Rencanakan solusi yang produktif untuk setiap masalah, sebagai contoh, bicara dengan tetangga anda jika anjing peliharaan di sebelah rumah menganggu anda, dan atur batasan yang jelas tentang seerapa besar bantuan yang dapat anda lakukan untuk setiap anggota keluarga.
  • Belajar untuk mengatakan tidak. Jangan berjanji terlalu banyak. Beri diri anda waktu yang cukup untuk menyelesaikan segala hal.
  • Ikuti group yang saling memberikan dukungan…mungkin untuk orang-orang dengan penyakit jantung, untuk pria, wanita, untuk orang-orang yang sudah pensiun.
  • Mencari pembimbing atau penasehat kesehatan mental jika anda tidak dapat mengatasinya sendiri. Menolong orang adalah bidang mereka. Tanya dokter anda, keluarga atau teman untuk rekomendasi. Jika mereka tidak dapat menolong. Tanya beberapa nama kepada pemuka agama atau pekerja sosial di rumah sakit.

4. Menyediakan Waktu untuk Tertawa

Tertawa dianjurkan untuk membantu anda untuk memerangi penyakit dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda, tertawa akan mengurangi sakit, tertawa meningkatkan suasana hati anda, tertawa membuat anda lebih santai. Peneliti menyarankan bahwa kita harus mencoba untuk tertawa lebih sering. Dengan hal yang sama bahwa kita mencoba untuk memakan lima porsi buah dan sayuran sehari dan menaiki tangga daripada menaiki lift, mungkin kita perlu untuk menyediakan waktu untuk tertawa yang enak. Kita bisa melakukan atau membaca sesuatu yang mengandung lelucon atau menonton video yang lucu dan mencoba untuk mencari cara agar kita tidak terlalu serius dalam melakukan sesuatu. Rekomendasi untung jantung yang sehat yaitu melakukan setiap hari – olahraga, makan yang teratur, dan tertawa”

5. Minum Air Putih yang Cukup

Air – Pembuat Keajaiban. Air biasa — ketika itu murni dan bebas dari segala kontaminasi — merupakan benar-benar “obat manjur”. Tanpa bahan kimia, zat adiktif, atau apapun yang tidak natural, dosis yang stabil 8 gelas air perhari (idealnya ½ dari berat badan tubuh anda terdiri dari air) akan:

  • Meningkatkan energi anda
  • Meningkatkan performa mantal dan fisik anda
  • Mengeluarkan racun dan pembuangan dari tubuh anda
  • Menjaga kulit sehat dan bercahaya
  • Membantu anda menurunkan berat badan
  • Mengurangi sakit kepala atau pusing
  • Membuat pencernaan lancar
  • Membantu anda memiliki lebih banyak Alkali

6. Membiasakan Tidur yang Cukup

Keuntungan dari tidur yang cukup – Tidur dapat menjaga anda tetap sehat, kelihatan lebih muda dan merasa hebat! Salah satu yang paling efektif dan gratis yang dapat anda lakukan untuk memerangi ketuaan adalah dengan membiasakan tidur yang cukup. Hal ini kedengaran sangat klise tetapi, ketika anda memikirkan tentang keuntungan-keuntungan yang didapat dari tidur, anda akan menyadari bahwa betapa ritual malam tersebut sangat penting untuk anda.

7. Memiliki Sikap Mental yang positif

Kekuatan dari sikap positif. Keuntungan dari pemikiran positif, sikap mental yang positif dan optimis Sikap positif, bersamaan dengan pandangan yang optimis dan pemikiran yang positif, dapat memberikan kesehatan yang lebih baik dan kebahagiaan yang lebih besar.

Apa artinya Sikap? Sikap adalah sebuah posisi mental yang berhubungan dengan cara berfikir atau kelakuan; yang dapat merujuk pada apapun yang anda percayai. Jadi, sikap positif yang dimaksud adalah kecenderungan untuk selalu bersikap optimis, keadaan pikiran yang penuh harapan. Karakterisasi dari orang yang mempunyai sikap positif dan optimis: Orang-orang yang optimis percaya bahwa mereka bertanggungjawab untuk melakukan sesuatu yang baik dan sesuatu yang baik akan datang kepada mereka. Jika yang datang malah sesuatu yang buruk, orang-orang optimis cenderung untuk melupakannya sebagai kejadian yang sudah berlalu, sebuah keanehan, atau sesuatu yang berada diluar kuasa mereka; orang-orang optimis percaya hal-hal akan lebih baik di masa depan.

Berpikir positif membutuhkan latihan. Jika anda adalah seseorang yang pertama berfikir negatif tentang sesuatu yang terjadi, beranikanlah diri untuk mencari tahu bahwa langkah pertama untuk mempunyai sikap dan pemikiran yang positif adalah dengan memikirkan sebaliknya. Sikap pesimis anda dalam berpikir adalah kebiasaan; kebiasaan dapat di ubah. Ketika anda sedang berfikir pesimis kepada diri anda sendiri tentang sebuah kejadian dalam hidup anda, pertama-tama evaluasi kejadiannya.

Apa yang menjadi fakta–bukan ketakutan–tetapi fakta? Lalu, pikirkan tentang penjelasan alternatif dan kesimpulan untuk selanjutnya. Ketika mobil tua anda tiba-tiba membuat suara-suara yang aneh, anda dapat berubah ke kesimpulan yang pesimis bahwa perbaikannya akan sangat mahal, tetapi mungkin perbaikan sederhana akan menyelesaikan masalah. Ingatkan diri anda untuk mengikuti pendekatan ini dengan pernyataan harian seperti ini: Ketika saya mempunyai pikiran negatif, saya
secepatnya mengevaluasi fakta dan berfikir alternatif positif yang juga menyesuaikan fakta.

8. Tidak Merokok, Tidak Mengkonsumsi Kafein, Alkohol, Obat-obatan Terlarang, dan Menghindari Menjadi Perokok Oasif

HINDARI SEMUA ITU DAN ANDA AKAN BAIK-BAIK SAJA. Catatan: Perokok pasif terjadi ketika orang seseorang menghembuskan asap rokoknya dan asap itu terhirup oleh orang lain yang tidak merokok. Perokok pasif dikategorikan jika menghirup karsinogen, sama dengan komponen beracun lainnya, yang ada di rokok tembakau. Perokok pasif diketahui sering membahayakan anak-anak, bayi, dan kesehatan reproduksi melalui penyakit turunnya fungsi pernafasan yang akut, gejala asma, gejala penyakit pernapasan yang kronis, radang telinga, turunnya berat badan bayi ketika dilahirkan, dan kematian tiba-tiba.

9. Hindari Kegetiran: Ampunilah Orang-orang yang Telah Menyakiti Anda dan Lupakanlah!

Pengampunan, baik untuk kesehatan anda. Keuntungan dari mengampuni akan membuat keputusan untuk mengampuni akan membantu meningkatkan hubungan anda dengan sesama dan anda akan menjadi lebih baik kepada diri anda sendiri. Jika anda memendam dendam, hal itu hanya akan membuat anda sendiri sakit.

Ketika anda menolak untuk memaafkan seseorang, anda malah lebih sakit adalah anda sendiri. Hal yang kecil akan menjadi besar dan hal itu akan menyangkut hubungan anda dengan orang lain selanjutnya di masa depan. Menahan dendam seperti itu akan berdampak kepada sikap anda sekarang, bagaimana anda memperlakukan orang lain dan bahkan memperhatikan kesehatan anda. Ketika anda stress, dan getir atau marah, anda hanya akan menambah lebih banyak penyakit seperti sakit kepala, serangan jantung, serangan kekhawatiran, dan bahkan kanker. Anda juga tidak akan bias memaafkan diri anda atas kesalahan yang anda perbuat di masa lalu.

Menolak memaafkan merupakan permasalahan yang dapat merusak perkawinan. Timbunan masalah yang tidak terpecahkan cenderung dapat terungkap dengan cepat hanya dengan sedikit provokasi. Ketidaksepakatan yang sangat sederhana dapat berubah menjadi perang mulut dimana seseorang
diingatkan kembali kepada kejadian buruk yang mereka perbuat 10 atau 20 tahun yang
lalu. Sebagai orang tua, sangat penting untuk membuat contoh bagaimana menangani luka masa lalu. Ketika anda mengajari ketidaktoleransian, kekakuan dan menyuruh untuk menahan dendam, anda meningkatkan kesempatan untuk merusak keluarga anda sendiri dan kemungkinan dari anak anda berpencar atau menolak untuk berbicara dengan orang lain. Memaafkan merupakan hal yang tidak selalu mudah dan hal itu memerlukan usaha dengan kesadaran yang terus menerus. Beberapa orang berpikir bahwa ketika mereka memaafkan, semua akan terlupakan dan rasa sakitnya akan langsung menghilang. Hal ini merupakan pengharapan yang tidak realistis karena memaafkan seseorang merupakan proses yang kadang-kadang cukup lama.

Langkah pertama dari memaafkan adalah dengan berniat untuk melakukan hal itu. Jika ingatan yang pedih masih sering mengganggu, ingatkan diri anda “Saya telah memaafkan dia”. Tulis hal itu atau mengatakannya dengan keras akan membantu anda memperkuat keputusan anda. Pada akhirnya rasa sakit itu akan hilang yang akan membuat anda dapat fokus pada masa kini dengan sikap yang lebih positif. Hal itu akan mulai terlihat dalam ekspresi wajah anda, pada kesehatan anda, dan dengan sikap kelembutan yang anda lakukan untuk memperlakukan diri anda sendiri dan sesama. Anda akan menjadi lebih sabar dengan diri anda sendiri yang dapat membantu anda menjadi kuat karena anda tidak akan takut seperti ketika anda membuat kesalahan, dan perasaan bersalah akan sedikit-sedikit berkurang.

Ketika anda pada akhirnya dapat melepaskan kepedihan masa lalu, itu akan sangat melegakan dan memberikan kekuatan karena anda tidak lagi membiarkan hal itu menguasai hubungan anda dengan sesama. Memberi tau kepada orang lain bahwa anda telah memaafkan mereka tidak selamanya memungkinkan, perlu atau bahkan disarankan pada beberapa situasi. Dengan memutuskan untuk memaafkan orang lain anda berarti telah memberikan hadiah damai yang sangat berharga bagi anda sendiri, teman-teman anda, keluarga anda.

10. Mendonorkan Darah

Keuntungan dari pendonoran darah yang bagus bagi kesehatan anda. Hanya memerlukan waktu selama satu jam dari jadwal padat anda dan hal itu dapat menyelamatkan nyawa orang lain. Mendonorkan darah tidak hanya menguntungkan bagi yang menerima darah tetapi dapat meningkatkan kesehatan pada si pendonor. Apakah keuntungan buat kesehatan dari
mendonorkan darah?

Walaupun keuntungan yang paling jelas dari mendonorkan darah adalah perasaan luar biasa yang terpicu dari perasaan anda yang telah membantu memberikan sesuatu yang penting bagi orang lain yang membutuhkan, keuntungan dari mendonorkan darah sebenarnya dapat memberikan dampak besar yang positif bagi kesehatan si pendonor. Bagaimana donor darah dapat menolong berlebihnya zat besi? Donor darah membuang sejumlah zat besi yang berlebihan yang dapat menyebabkan embentukan radikal bebas dalam tubuh. Sebenarnya, penelitian telah menunjukkan bahwa laki-laki yang secara rutin mendonorkan darah mempunyai resiko paling kecil untuk terkena serangan jantung. Karena penyakit jantung menjadi penyakit nomer 1 dalam kasus kematian pria, maka dari itu, sangatlah penting mendonorkan darah untuk menghindarinya.

Bagaimana anda yakin bahwa anda tidak memberikan terlalu banyak zat besi bahkan yang diperlukan oleh tubuh anda? Sebelum anda diizinkan untuk mendonorkan darah, tingkat hemoglobin anda akan diperiksa dan tingkat zat besi anda akan di ukur. Jika semua itu dipertimbangkan terlalu rendah, anda tidak akan diizinkan untuk mendonorkan darah pada hari itu. Tingkat hemoglobin anda akan diawasi secara terus menerus pada saat anda mendonorkan darah dan anda hanya akan diizinkan untuk
mendonorkan darah selama 8 minggu sekali untuk mencegah pengeluaran zat besi yang terlalu banyak dari tubuh anda. Donor darah merupakan cara yang mudah dan gratis untuk mengawasi tingkat zat besi anda.

by. EDWARD FORRER
http://edwardforrer.co.id/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s