Jika Kulit Mulai Keriput

Usia memang tidak pernah berbohong. Tetapi, ada cara khusus untuk menyiasati kulit agar tetap terlihat cemerlang meski usia terus bertambah.

Usia bukan satu-satunya biang keladi pengerutan kulit. Faktor eksternal juga ikut berperan. Berikut ini faktor-faktor yang menyebab penuaan dini pada kulit, lengkap dengan cara mengatasinya.

Faktor Eksternal:
1. Tipisnya lapisan ozon. Akibatnya, paparan sinar UVA & UVB semakin membahayakan kulit. Sinar UVA dapat menyebabkan noda gelap dan keriput. Sinar UVB dapat membuat kulit terbakar. Tingkat polusi yang tinggi juga dapat menyebabkan kulit mengalami stres.

2. Merokok. Dapat menimbulkan gari-garis kerutan di sekiar pipi dan garis bibir karena mengurangi zat gizi yang diperlukan tubuh (vitamin C).

3. Kurang gizi. Jangan memasukan makanan yang tidak mempunyai kandungan vitamin, sehingga tubuh hanya penuh dengan ampas.

4. Kurang istirahat. Tubuh perlu beristirahat agar proses pembentukkan sel-sel baru dapat terlaksana dengan sempurna. Jika Anda tidur kurang dari 8 jam sehari, pembentukan sel yang diperlukan tubuh pun kurang sempurna.

5. Jarang berolah raga.

6. Pakai kosmetik terus menerus. Biarkan sesaat kulit bebas kosmetika agar bisa bernafas. Menutupi wajah terus-menerus dengan foundation, akan menyebabkan pori-pori tersumbat, sehingga racun yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh menjadi terhambat.

7. Stres. Jika Anda stres, tentu wajah menjadi berkerut-kerut. Dari dahi, mata, dan bibir. Kadang, stress juga menimbulkan rasa mual pada tubuh, sehingga Anda susah untuk makan.

8. Posisi tidur yang salah. Kebiasaan posisi tidur miring ke kiri/ kanan atau tengkuarp dapat menyebabkan kulit cepat mengkerut. Masih ingat hukum gavitasi yang menarik benda ke bawah? Posisi tengkurap membuat wajah Anda semakin tertarik ke bawah.

Apa Yang Harus Dilakukan?
1. Rawat wajah sedini mungkin. Apalagi jika memasuki usia kepala 3. Selalu bersihkan wajah. Gunakan krim pembersih wajah pada seluruh wajah sambil dipijit dengan gerakkan memutar ke luar. Kenakan masker setiap dua kali seminggu agar kulit menjadi kencang.

2. Stop rokok. Rokok dapat membuang vitamin C yang diperlukan untuk kesehatan kulit.

3. Makan makanan bergizi. Istilah You are What You Eat adalah benar adanya. Vitamin C & vitamin E sangat berguna untuk pembentukkan sel-sel baru pada kulit dan mengikat zat-zat yang tidak berguna bagi kulit.

4. Cukup istirahat. Beristirahatlah 8 jam sehari.

5. Olahraga teratur. Berolahraga dapat membuat pernafasan menjadi teratur, sehingga kebutuhan oksigen pada otak tercukupi. Organ-organ tubuh pun dapat bekerja optimal.

6. Gunakan pelembap. Jika Anda beraktivitas di luar ruangan, perlu krim yang mengandung sunscream protection. Lengkapi mobil Anda dengan kaca UV filter.

7. Hindari stres. Having fun is the best daily cream. Jadi, hindari stres!

8. Hindari gravitasi. Usahakan tidur terlentang. Ini adalah posisi terbagus, karena melawan gravitasi bumi.

Sumber : Nova

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s