Hanya wanita bahagialah yang dapat membahagiakan orang-orang disekitarnya

Engkau tetap seseorang yang bersebutan tinggi,

Baik saat hidup maupun sudah tiada

Engkau benar-benar salah satu mukjizat

Oryzon Sweat mengatakan: “ Beruntunglah Napoleon Bonaparte karena dia memilih Putri Yosephine menjadi temen hidupnya sebelum menjabat sebagai panglima tertinggi dan menghadapi berbagai macam tantangan ekspansi penaklukan. Yosephine dengan tutur katanya yang lembut dan kepribadiannya yang manis, ternyata mempunyai pengaruh yang lebih memikat dalam menghasilkan dukungan bagi suaminya dari para bawahannya ketimbang ketulusan pengabdian puluhan lelaki. Dia menebar kebahagiaan kepada orang-orang yang berada disekitarnya. Dia tidak pernah menggunakan kata-kata perintah secara langsung hingga dengan pelayan sekalipun.

Yosephine menjelaskan sikapnya ini dengan keterangan yang indah saat ia bertutur kepada salah seorang teman wanitanya: “ aku tidak pernah menggunakan ungkapan ‘aku ingin’, melainkan hanya dalam satu kesempatan, yaitu saat aku katakan ‘ aku ingin agar semua orang yang ada disekitarku bahagia.’” Seorang penyair Inggris seakan-akan menujukan pujiannya kepada Yosephine saat mengatakan: “ sesungguhnya suatu pagi hari yang bahagia lagi cerah dia berlalu disebuah jalan, maka menebarlah kemuliaan pagi hari itu sepanjang siang harinya.”

Pada kenyataannya, wahai temanku, sifat yang lembut itu dapat menebar kebahagiaan dikalangan kita dan juga orang-orang yang ada disekitar kita sehingga benda mati pun dapat merasakannya. Sikap yang lembut merupakan keindahan normatif  yang tiada batasannya. Kalau diumpamakan dengan lelaki, ia akan mempunyai kedudukan yang sama dengan fungsi kecantikan bagi wanita. Adapun sifat lembut bagi wanita sendiri, maka ia akan menambah kecantikannya menjadi berlipat ganda.

Pencerahan

Kebahagiaan bukanlah sejenis sulap

Sekiranya seperti itu keadaannya,

Niscaya tiada harganya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s