Karakteristik Istri Ideal ^^

Seorang cendikiawan menulis tentang karakteristik istri ideal dengan sangat indah :
β€œDia senantiasa memperhatikan kekurangan diri dan memikirkan agamanya serta menghadap Tuhannya. Suaranya dipelankan, lebih banyak diam, sikapnya lembut, lidahnya terjaga, sangat pemalu, amat berhati-hati jangan sampai mengucapkan kata-kata yang buruk, lapang dada dan penyabar. Dia sedikit sekali melakukan tipu muslihat, banyak bersyukur, menjaga kehormatannya, steril dari aib, penyanyang, dermawan, rela, bersih, lembut, sangat baik, akhlaknya bagus dan budi pekertinya halus.

Dia tidak pernah berbohong, bebas dari rasa kagum terhadap diri sendiri, meninggalkan semua hal yang kotor, bersikap zuhud terhadap dunia, tenang, tidak banyak bercanda, tidk mengumbar nafsu, jarang sekali bersiasat namun dapat diandalkan. Hatinya penuh belas kasihan dan cintanya tulus. Jika dihardik dia menahan diri dan jika diperintah dia taat. Dia membenci sikap enggan berbuat baik. Dia tidak menyukai pemborosan dan membenci hal-hal yang makruh serta murka terhadap sikap angkuh. Dia merawat dirinya dengan wewangian khas wanita dan celak mata serta air. Dia puas dengan rezeki yang sekedar mencukupi.
Dia menutup auratnya dengan cara menjaga diri. Dia sangat menyayangi keluarga, lembut terhadap suami, bersikap manja kepadanya, memurnikan cinta kepadanya, menyerahkan jiwa raga kepadanya, tidak mempersulitnya dan mengalah demi urusannya. Dia lebih mengutamakan pendapat sang suami daripada pendapat pribadinya. Dia membiarkan sang suami memimpin dirinya. Dia menjaga rahasianya, melimpahkan sebesar-besarnya cinta kepadanya dan lebih mementingkan sang suami dari pada ayah-bundanya sendiri.

Dia tidak pernah menyinggung kekurangannya ataupun membocorkan rahasianya. Dia memperbaiki urusannya, ikut bergembira dengannya, tidak membiarkannya sendirian dalam kesulitan dan kemiskinan tetapi justru menambah cintanya kepada sang suami di saat miskin. Dia menerima kemarahannya dengan kelembutan dan kesabaran, membuatnya senang sewaktu dia marah, menghindari kemurkaannya, waspada di saat sedang tidak bersamanya dan merasa senang dengan melihatnya. Dia adalah pendengaran, penglihatan dan hati bagi suaminya. Dia senantiasa berdzikir, memahami ilmu Allah dan mengamalkannya. Dia jalankan semua perintah Allah sehingga di muliakanlah dia.”


101 thoughts on “Karakteristik Istri Ideal ^^

  1. Dahrun Marada says:

    Istri yang sholehah akan memberikan kenyamanan dalam berumah tangga, ketentraman hati di kala susah, menyejukan hati di kala lelah.
    Tidak lupa salam kenal dari saya.

  2. ralarash says:

    kalau kata aku sih ideal itu nilainya relatif deh..
    jadi ideal untuk setiap orang akan berbeda-beda..
    *jadi ikutan kontes yah..πŸ™‚
    ditunggu

  3. elmoudy says:

    terasa hangatnya disini.. kasih sayang terasa indah untuk dirasakan.
    begitu indahnya…. menjadi pasangan yang bahagia dunia akherat…

  4. yanrmhd says:

    subhanallah…, wanita shalehah..
    tetap semangat dan istiqomah..
    do the best, get the best..bismillah.. ^^v

  5. fitroh says:

    tfs mbak……
    LENGKAP BGT kriterianya….diringkas dr berbagai sumber ya?
    blog mbak bagus,,,hmmm….fitroh dpt langganan singgahan BW nih…
    ku kan sering mampir..:)
    salam kenal dr fitroh…

  6. TUKANG CoLoNG says:

    idealnya seorang istri tergantung yang ngeliatnya. hal ini begitu relatif menurut saya. baik di kita belum tentu baik untuk orang lain. tapi secara umum yah emang kayak yang udah ditulis disini..
    saya suka postingan ini.:)
    sungguh merefleksikan kehidupan sehari2. tentang istri.

  7. Nunu says:

    Ya Allah semoga ini bukan hanya bacan yang tidak sengaja hamba baca saja .. namun akan engkau berikan kelak dalam kehidupan hamba … mendapatkan istri yang Ideal betapa bahagianya …

  8. gerhanacoklat says:

    “Dia tidak pernah berbohong, bebas dari rasa kagum terhadap diri sendiri, meninggalkan semua hal yang kotor, bersikap zuhud terhadap dunia, tenang, tidak banyak bercanda, tidk mengumbar nafsu, jarang sekali bersiasat namun dapat diandalkan. Hatinya penuh belas kasihan dan cintanya tulus. Jika dihardik dia menahan diri dan jika diperintah dia taat.”

    Ada kalimat tidak banyak bercanda, rasanya koq kesannya jadi istri yang patuh dan taat itu seperti seorang perempuan yang sangat kaku.
    Secara umum semua yang digambarkan memang sangat baik dan begitu terpuji tapi adakalanya juga suami akan cepat merasa bosan bila bertemu dengan tipe istri yang seperti ini.
    Just for share fit *cengir*

  9. ok says:

    klo saya sih jelas masih jauh dari situ, masih suka bercanda dan mewarnai dunia dengan cerita tpi bukan ngegosip xixixixi hanya bisa berharap semoga saya bisa jadi idealnya seorang istri bagi suami saya kelak *kelak…kelak itu berapa lama ya…hmmm…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s