Karakteristik Suami Ideal ^^

kemaren waktu aku posting tentang karakteristik istri ideal ada yang nanya…kalo suami suami ideal tuh gimana sih???nah ..gini neh karakteristik suami yang ideal.. berat mungkin ya untuk jadi kaya gini..but just try the best  aja ya…^^

  1. Dia benar-benar konsisten dalam ketaatan kepada Allah. Memperhatikan setiap tindakan dan ucapan, tidak seperti orang yang memperhatikan salah satu saja diantaranya.
  2. Dia berakhalak baik, mudah, fleksibel, dan dekat. Ucapannya baik, kata-katanya manis. Tidak mengenal caci maki ataupun ejekan, tidak pula kata-kata yg pedas ataupun wajah yang masam.
  3. Dia rajin menuntut ilmu syariat, mengajarkan menuntun, dan membuat sang istri mencintai ilmu. Dia berharap seandainya para malaikat bershalawat atas diri istri dan dirinya.
  4. Dia adalah teladan yang baik. Ucapannya sesuai dg perbuatannya. Perbuatannya juga sesuai dg ucapannya. Melaksanakan berbagai ibadah yang mampu dilakukannya.
  5. Dia tahu bagaimana memperlakukan istrinya, menafkahinya, dan menunaikan semua hak istrinya semampunya dg penuh kasih sayang
  6. Dia bukan termasuk pencinta dunia, karena akhirat membuatnya sibuk sepanjang siang dan malam. Pada saat yang sama, dia pun tidak melupakan bagiannya di duania berupa perhiasannya yang dihalalkan oleh Allah.
  7. Dia mengetahui metode mendidik anak-anaknya secara teori dan praktek. Dia pun mengajarkan istrinya bagaimana mendidik anak-anak dan memberi sebagian waktunya untuk itu serta tidak melupakan mereka.
  8. Dia senantiasa mengingatkan istrinya tentang keberangkatan meninggalkan dunia agar saya tidak senang dan tidak cenderung kepadanya.
  9. Dia mengetahui urgensi dan nilai waktu.
  10. Dia adalah lelaki yang peka dan penuh cinta kasih. Ucapan dan pilihan kata-katanya tidak kering. Kata-kata cinta dan kasih sayang   hanya mengenal jalan lisannya. Istrinya pun selalu mendengark kata-kata indah darinya yang menyenangkan istrinya dan dia pun suka mengucapkannya.
  11. Dia memeprhatikan kebersihan, penampilan, dan aroma harumnya karena meneladani Rasulullah.
  12. Dia tidak pernah lupa berterima kasih kepada istrinya atas bantuan, pendidikan anak-anak dan pekerjaan rumah. Dengan demikian, dia memberikan semangat baru sehingga tidak menjadi malas atau jemu.
  13. Dia menghubungkan tali silaturahmi. Terlebih kepada keluarga istrinya, sehingga mewmbuat istrinya senang.
  14. Dia cerdas dan bijaksana. Sikapnya tenang dan penuh wibawa. Tidak terburu-buru, reaktif, taupun emosional. Dia mampu mencari solusi rumah tangga nya sendiri. Jika merasa kesulitan , dia berkonsultasi kepada orang-orang yang saleh dan bertaqwa.
  15. Dia gemar beribadah kepada Allah dan banyak berdzikir, banyak berpuasa dan banyak mendirikan shalat malam.
  16. Dia beriman, berjihad, dan bersabar. Dia rela menerima ketetapan dan takdir Allah tanpa pernah murka. Dia puas dg rezeki dari Allah.
  17. Dia adalah juru dakwah yang berwibawa, penyeru perbuatan baik, dan pencegah perbuatan munkar tanpa berlebihan ataupun menyepelekan.

76 thoughts on “Karakteristik Suami Ideal ^^

  1. yanrmhd says:

    bisakah aku demikian?? ya Allah mudahkan dan bimbinglah…
    siiip…bagus nih fit’:mrgreen: , luar biasa…sebuah keluarga pasti akan bahagia
    jika memiliki imam yang memiliki sikap dan ciri demikian,,,

    istri yang shalehah, suami yang amanah dan shaleh, indah….subhanallah ya fit’?? ^^v

    okey, semangat!! menjadi pribadi-pribadi yang kelak didambakan…
    do the best, bismillah..😉

  2. ipul says:

    sekali lagi , tak ada yang sempurna . begitu juga dengan 17 kriteria diatas ,
    cukup beruntung yang bisa mendapatkan separuh ,atau paling tidak seperempat dari kriteria diatas . moga fitri mendapat semua nya .

  3. zee says:

    Menurutku yang namanya pasangan lama kelamaan akan menjadi ideal saat kita sebagai pasangannya menempa dirinya menjadi ideal. Kan tidak ada yang langsung jadi ya.

  4. didot says:

    perfect amat kalau ada semuanya di satu laki2,saya berusaha menjadi yg terbaik dari diri saya aja deh,mudah2an Allah ridho🙂

  5. 'Ne says:

    semoga saya mendapatkan suami yang ideal juga hehe.. amin..
    yang pasti sih yang bisa jadi imam tapi tidak merendahkan🙂

  6. yudishtira says:

    17 point yang sangat berat untuk mengkondisikannya, btw menurut ku satu hal yang terpenting, dengan menerima kekurangan pada setiap pasangan itu adalah sebuah langkah awal menuju ideal-nya hubungan dan komunikasi sehat antara suami isteri.. terima kasih

  7. rainbroccoli says:

    Alhamdulillah, meskipun ga sesempurna seperti itu, tapi suamiku, tergolong seorang suami yang sangat baik…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s