A Magic Word…^^

Dah lama ga posting neh.. maklum kalo weekend, online nya ikutan libur juga..😉

kali ini mo ngebahas tentang satu kata yang sangat ajaib.. tau ga apa itu??? yapsss…kata M.A.A.F..  hanya terdiri dari 4 huruf tapi sungguh manjurrrr…🙂

kita sebagai manusia selalu berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain mungkin lewat YM,Facebook,ato blog, mungkin tanpa sengaja kita udah berbuat salah, atau menyinggung teman kita.. ada-ada aja penyebabnya.. mungkin hal yang sangat kecil sampe kita ga menyadarinya..

nah kalo kita sedang terlibat masalah atau konflik dengan seseorang apa lagi jika itu adalah saudara kita, terlepas neh dari siapa yang bener atau siapa yang salah..mengapa kita ga mencoba untuk menjadi pihak yang pertama kali mengucapkan kata maaf..???kedengarannya seperti mengalah..but why not…??🙂

M.A.A.F

satu kata yang ajaib..Kata yang mampu melunakkan hati yang keras seperti batu karang namun bisa jadi ga berarti apa-apa bagi mereka yang sudah biasa mendengarnya. Bahkan kadang tetap aja kata ini di salah artikan,diartikan jelek bagi mereka yang udah terbakar amarah dan benci..😦

Astagfirullah Al adziim..

Tahu ga sih teman…kalo banyak banget lho manfaat dan keuntungannya kalo kita menjadi orang yang pertama meminta maaf dan memberikan maaf..nah manfaatnya itu ada disebutkan dalam Alquran..antara lain sebagai beriku…cekidot🙂 :

  • Jika engkau lebih dahulu meminta maaf dan memberikan maaf, maka Allah Ta’Ala akan mengampuni dosa-dosa mu,sebagaimana kutipan ayat Al Qur’an berikut ini :

“…dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak suka bahwa Allah mengampunimu ? Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. An Nuur (24): ayat 22)


SubhanAllah… Hayoo.. siapa yg mau diampuni dosa-dosanya..? Jadilah yg pertama meminta maaf sekaligus memberikan maaf meskipun masih terasa sakit hati ini dan gengsi rasa ini, namun jika balasannya adalah diampuni dosa-dosanya oleh Allah Ta’Ala.. mengapa tidak..? iya khan???

  • Allah Ta’Ala memasukkan perbuatan memberikan maaf itu sebagai salah satu perbuatan yg diutamakan , sebagaimana isi ayat al Qur’an berikut :

“Tetapi orang yg bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yg demikian itu termasuk hal-hal yg diutamakan(QS. Asy Syura (42) : ayat 43)


  • Jika engkau lebih dahulu meminta maaf dan memberikan maaf, maka Allah Ta’Ala memasukkan mu ke dalam golongan orang2 yg bertaqwa, dan tahukah engkau apa balasannya wahai sahabat..? Syurga yg luasnya seluas langit dan bumi… SubhanAllah… Allahu Akbar… Seperti yg tercantum dalam ayat Al Qur’an berikut ini :

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa. (Yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya) baik di waktu lapang maupun di waktu sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang , Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan” (QS. Ali Imran (3) : ayat 133-134)


So temans, lepaskanlah rasa gengsimu, buanglah jauh-jauh rasa sakit di hati, belajarlah jadi orang yg pemaaf dan yg segera meminta maaf serta menjadi orang yg mampu menahan amarahnya. Jika kemudian balasannya adalah diampuni dosa-dosamu dan dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yg bertaqwa serta Allah Subhan Hu Wa Ta’Ala menjanjikan pula syurga yg luasnya seluas langit dan bumi… Lalu apalagi kah yg lebih dari itu…??

Mari meminta maaf… mari memberikan maaf… dan mari belajar menahan amarah.

semoga catatan kecil ini bisa mengingatjan kita..terutama aku yg kadang masih lalai..🙂



97 thoughts on “A Magic Word…^^

  1. yanrmhd says:

    siiip…:mrgreen:

    maaf ya klo baru mampir lagi…, nice posting fit’..
    okey semangat!! do the best, bismillah…😉

  2. Fauza says:

    Cip. . . .musti belajar. . .mengucapkan maaph saat sebelum n sesudah melakukan kslahan nie. . Hoho. . .. .

    eh. . .
    numpang promo nie. .
    buat Sahabat Blogger.
    Mohon kunjungan balik n koment buat blog saya, yg lagi ngikutin lomba blog POMOSDA, di artikel ‘ketua, wakil, sekertaris. . Itu hanya status’, saya mohon dgan sangat, saya ucapkan trimakash yang sudah mw membantu.

  3. ipul says:

    memaafkan adalah pekerjaan yang sangat berat , tapi meminta maaf jauh lebih berat . bersyukurlah kamu , jika bisa dengan tulus meminta maaf dan memaafkan ….

  4. julianusginting says:

    ayoo jdlah org yg pemaaf..hehe
    btw saya juga gt fit, kalo libur ya ngeblognya jg libur..hehee…

  5. darahbiroe says:

    semoga aku juga bisa mengucapkanya
    di saat memang harus menghucapkanya
    thanks yaw sharingnya😀

  6. wigati10 says:

    :”> bener banget, suka gengsi mau ngakui, minta maaf, padahal ya sederhana, satu kata bisa lumer semua marah&masalah…

  7. Pandu says:

    Walau terkadang pahit kenyataan yang kita terima, namun maaf adalah hadiah yang paling istimewa bagi hati dan perasaan kita

  8. Catatan Sederhana says:

    kunjungan pagi hari😀
    wahh,benarnya minggu depan saya juga mau posting artikel yg brhubungan dgn maaf,udah dlm bentuk dfart dah siap publish tapi keduluan mbak fitri neh,hehehe…
    but,l like it postingnya mbak… soalnya seperti biasa tetep adaa pesan2 di dalamnya,hehehe…

    salam persahabatan ,-

  9. wiwin9 says:

    yah stuja..dengan berfikir positif hati kita jadi adem dan merasa bahagia..kata maaf mungkin susah diucapkan bagi sebagian orang tapi jika kita berfikir positif akan kesalahan orang itu maka kita juga bisa memberikan juga meminta maaf dengan lapang dada🙂

  10. 'Ne says:

    sama nih tadinya mo posting tentang maaf juga hehe..
    btw, mumpung sebelum puasa marilah kita maf2an dulu😀
    maap ya Fit, kalo ada salah2 komentar hihi..

  11. loewyi says:

    tapi gak semua orang seperti itu mbak… terkadang bagi sebagian orang kata maaf itu tidak cukup, bahkan tidak ada artinya sama sekali.🙂

  12. Ifan Jayadi says:

    Iya, maaf memang sebuah kata yang amat sulit diucapkan ketika ego menguasai kita. Padahal maaf itu sendiri begitu memiliki dampak yang luar biasa manfaatnya ketika ia terlontar thd seseorang yang mungkin pernah kita sakiti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s