Betapa Berharganya Persaudaraan itu…^^

Kali ini ada sebuah cerita neh.. ga sengaja nemu waktu lagi browshing di fesbuk.. berhubung ceritanya menurut aq penuh hikmah..makanya qu repost deh biar kita semua bisa mengambil hikmahnya..๐Ÿ™‚ yukkk check it out..๐Ÿ˜›

Adaย  dua teman karib sedang dalam perjalanan.Hasbi Nur dan Hasti Al-Fatah Mahasiswa Al-Azhar Cairo . Ditengah perjalanan mereka bertengkar, Hasbi tidak menahan amarah kemudian mendorong Al-Fatah sampai terjatuh. Meski Hasbi sakit, Al-Fatah tidak melawan. Tanpa bertutur kata. Al-Fatah menulis di atas pasir Alexandria .

‘Hari ini temanku mendorongku sampai jatuh.’


Mereka lalu melanjutkan perjalanan hingaa menemukan sungai untuk membersihkan badan. Namun ternyata sungai itu teramat dalam sehingga Hasbi hanyut dan nyaris tenggelam dan diselamatkan oleh Al-Fatah. Ketika Al-fatah siuman dan rasa ketakutannya hilang Hasbi menulis disebuah batu.

‘Hari ini temanku menyelamatkan nyawaku.’


Melihat apa yang dilakukan Al-Fatah , Hasbi terheran-heran dan bertanya,

‘Kenapa waktu aku mendorongmu hingga terjatuh, kau menulis diatas pasir dan sekarang kau menulis diatas batu?’


Al-Fatah tersenyum dan menjawabnya,

‘Ketika seorang sahabat melukai hati kita, kita harus menulisnya diatas pasir agar angin maaf datang berhembus dan menghapus luka dihati. Dan apabila diantara teman terjadi kebaikan sekecil apapun kita harus memahat diatas batu hati kita agar kita tetap mengenang, tidak hilang tertiup waktu.’

Dua teman baik itu akhirnya tertawa bersama, bahagia menikmati pemandangan yang indah disetiap perjalanan.

Marilah kita memilih teman yang dapat membantu kita dalam ketaqwaan kepada Allah. Janganlah sembarangan memilih teman, karena tidak semua orang layak dijadikan teman…

Rasulullah shalallahuโ€™alaihi wa sallam bersabda,

โ€œseseorang dipandang dari agama temannya,maka hendaklah salah seorang di antara kalian melihat siapa yang menjadi temannya.โ€ (HR Abu Daud)


sahabat yg baik menurut Rasulullaah shallallaahu alayhi wasallam;

“sebaik-baik diantaramu adalah dia yg mengingatkanmu kepada Allah, ucapannya menambah ilmu dan perbuatannya yg mendorongmu beramal untuk akherat” [HR.Al-Hakim & Tirmidzi]

semoga kita, temans, sahabats, kerabats, dan orangtua kita selalu diberi hidayah taufiq oleh Allah Ta’ala, Allahumma aamiiin..

semoga kita semua bisa ngambil ibrah dari cerita diatas ya..๐Ÿ™‚

Sumber : Fb Kembang Anggrek

75 thoughts on “Betapa Berharganya Persaudaraan itu…^^

  1. kang ian says:

    PERTAMAX…
    ehehe semoga saya bisa menjadi teman yang baik yang hanya bisa memuji saja tapi juga bisa saling menasihati dalam jalan kebaikan amiin ^^
    nice posting๐Ÿ™‚

  2. julianusginting says:

    tiada yg lebih deket dari saudara..selayaknya saudara bisa saling membantu, saling memberi, kata saling berarti ada timbal balik yg diberi dengan iklas tanpa paksaan tentunya

  3. 'Ne says:

    wah bener2 perlu di contoh tuh..
    terkadang orang lebih mudah mengingat sebuah kesalahan daripada kebaikannya. tapi dengan sahabat pasti kata maaf selalu terbuka๐Ÿ™‚

  4. ER says:

    waduh bertolak belakang sama teman2 saya mba…
    kalo saya lg ngumpul sama temen2 harus pake ilmu sabar sama ikhlas…soalnye doyan becanda semua๐Ÿ˜†
    betewe nice story๐Ÿ˜‰

  5. alice in wonderland says:

    mmm yang kedua tuh yang nulis Al Fatah apa Hasbi sih kok tulisannya Hasbi menulis di batu? but I get the point, setuju banget dalam persahabatan jangan ampe kita nginget2 yang jelek tapi yg baik2 aja^^

  6. Radesya says:

    Nice story, memang terkadang kita selalu mengingat-ingat kesalahan orang lain, dan kebaikannya selalu terlupakan,semoga bisa lebih ikhlas sekarang..

  7. masrizky says:

    kalo nggak nemu pasir buat ditulisin gimana ya?

    mungkin bisa juga diaplikasikan buat istri, suami, anak, dan orang-orang terdekat kita yang lain ya…๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s