Memilih Pasangan Hidup ^^

Postingan kali ini khusus bwt yang belom punya istri atau suami alias belom punya pasangan hidup.. *kaya aku*:mrgreen: . Nah disini ada neh gimana caranya untuk memilih pasangan hidup, insya Allah tips nya bagus kok..😉 Let’s Check it Out…🙂

Buat mas-mas yang masih lajang😉 yang masih mencari-cari calon istri.. :mrgreen:  yang mungkin masih bingung gimana cara memilih istri yang baik..sok disimak yah..🙂

Memilih istri yang baik adalah perkara yang penting. Tidak ada seorang manusia pun yang berselisih mengenai hal ini. Akan tetapi yang diperselisihkan adalah, bagaimana pilihan itu dikategorikan baik, apakah berdasar pada harta, keturunan, kecantikan ataukah agama? Maka penasihat yang terpercaya, yaitu Nabi kita tercinta menjawab :

“Seorang wanita dinikahi karena empat hal: (1) Hartanya, (2) nasab (keturunan)-nya, (3) kecantikannya dan (4) agamanya. Maka pilihlah yang taat beragama niscaya kamu akan beruntung.” (Riwayat Bukhari)

Ketahuilah, sebaik-baik wanita adalah wanita yang shalihah, sebagaimana dalam sabda Nabi,

“Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah.” (Riwayat Muslim)

Wanita shalihah adalah wanita yang menyenangkan hati bagi suaminya, senantiasa mengajak untuk berbuat kebaikan dan melarang dari keburukan serta memotivasi suaminya untuk beribadah dan sabar di dalam segala keadaan. Rasulullah  bersabda :

“Sebaik-baik wanita adalah yang jika engkau melihatnya akan senang, jika engkau memerintahkannya ia akan mentaatimu, jika engkau memberinya maka ia akan berterima kasih dan jika engkau tidak ada di sisinya, maka ia akan menjagamu dan hartamu.” (Riwayat Nasa’i)

Nah sekarang buat mbak-mbak, ato adek-adek yang masih lajang..😛 termasuk diriku neh.. :mrgreen:  mungkin masih bingung gimana cara memilih calon suami.. baca neh tipsnya..😉

Memilih pria sama dengan kriteria memilih wanita. Hendaknya agama dan keshalihanlah yang diprioritaskan. Seorang suami yang baik adalah yang ramah, bertanggung jawab, bisa membimbing isterinya, senantiasa mengajak kepada kebajikan dan melarang dari kemungkaran, selalu menasehati di dalam kebaikan dan kesabaran, penyabar dan mampu memimpin keluarganya kepada kebaikan. Oleh karena itulah Nabi  mewasiatkan kepada para wali atau orang tua wanita,

”Jika datang (melamar) kepadamu orang yang engkau senangi agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia (dengan putrimu). Jika kamu tidak menerima (lamaran)-nya niscaya terjadi malapetaka di bumi dan kerusakan yang luas.” (Riwayat Tirmidzi)

Semoga bermanfaat ya..🙂🙂🙂


51 thoughts on “Memilih Pasangan Hidup ^^

  1. hendro says:

    seindah2nya perhiasan hanya istri soleha yang lebih indah..seindah2nya cinta hanya keikhlasan dan menerima apa adanya yang lebih indah

  2. nandini says:

    Deuuu… nikah mulu Nii postingannyaa…😀
    hadist yang terakhir tuh,. terhitung 7 pria yg mau melamar dan kutolak.. haha.. habis aku ga suka..😀

  3. TamaGO says:

    wah KCB banget. nggak gitu sreg sih, kasihan aja klo si gadis dinikahkan ke orang tak dikenal cuma gara2 orangnya baik (secara agama dan akhlak) padahal belum tentu anaknya suka (wong kenal aja nggak).

    menurut saya milih jodoh itu mirip sama milih jurusan kuliah, harus pilih yang cocok. Semua jurusan itu bagus, tapi harus milih yang cocok dan sreg di hati biar ga menderita secara batin (ato malah secara lahir juga) selama 4 tahun (bisa lebih malah) dan sebagian besar ujung2nya ga diterusin

  4. ImUmPh says:

    wah… keren niyh.. like this so much!😀
    smoga saya termasuk kriteria lelaki shaleh. amiiiin😀

    dan juga smoga dapat wanita shalehah.😀

  5. TuSuda says:

    Dengan memilih bibit yang berbobot sesuai kriteria yang terbaik, semoga mendapatkan pendamping yang termulia.
    SALAM Kenal, Makasi sudah berkunjug ke blog puskel..

  6. subhan basri says:

    ada tipsnya…….
    1. jangan pilih-pilih
    2. bisa menerima apa adanya kelebihan & kekurangannya
    3. jangan banyak nuntut kepada laki-laki
    4. yang paling penting memilih pasangan karena allah swt semata.

    itu aja dulu tips-tipsnya…….
    semoga sukses.

  7. aisyah says:

    aq dah nikah,q pikir tanpa pacaran sudah bisa bahagia ternyata skrang q dah cerai n q harap kalian kenali dulu yang melamar qm.pikir panjang untuk menikah


    selalu beristikharah dulu kali yah mbak..

  8. Tiffany says:

    Allah akan mberikn jodoh sesuai dg kualitas dirix, jd tdk usah dcari cukup mperbaiki ibadah diri sendiri + doa dberikn jodoh yg taqwa, insyaallah jodoh yg baik dunia akhirat akan datang


    setuju sis..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s