Hukum Memotong Rambut bagi Wanita ^^

Hari Kamis kemaren aku ke Bukit tinggi, mo liat anak temen kerjaku yang baru lahir.. abis itu sempat jalan-jalan juga sih bentar ke Ngarai sianok, trus ke jam gadang and Pasar ateh..*tentang jalan-jalannya ntar deh aku posting ya… not this time..* Sempat beli buku juga akunya..Judulnya Kado Pernikahan:mrgreen: *lumayan wat nambah-nambah ilmu..;)

Nah setelah baca sebagian, aku nemu something yang mo aku share neh ama temen-temen semua.. Khususnya untuk wanita sih, Yang bapak-bapak mo baca juga boleh kok, ga dilarang..๐Ÿ˜€ Yah walo mungkin bukan untuk lelaki paling ga khan bisa bagi-bagi ilmu untuk anak,sodara, ato temen.. ya ga???๐Ÿ™‚

Zaman sekarang ini banyak banget model rambut..apa lagi buat wanita ya.. ada yg pendek, acak-acakan, ada yg disambung… *maaf ga tw neh istilahnya:mrgreen: Didalam islam semuanya udah diatur.. nah..*kebanyakan Nah deh kayanya ya๐Ÿ˜€ dalam memotong rambut *bagi wanita* ada hukumnya lho..

  1. Apabila seorang wanita memotong rambutnya dengan tujuan berdandan dihadapan org yang menurut syariat boleh memandangnya, ex : suami, hal itu tidak apa-apa.
  2. Apabila kita memotong rambut dengan tujuan untuk memperlihatkan perhiasan kepada orang yang tidak boleh melihat perhiasan atau kecantikannya, maka hal tsb hukumnya haram.
  3. Apabila kita memotong rambut untuk mengungkapkan perasaan sedih (frustasi) *khan ada tuh orang yang kalo putus cinta lantas motong rambutnya..atau berkabung atas kematian seseorang, hal itu hukumnya haram juga..
  4. Apabila kita memotong rambut dengan maksud agar mudah diurai atau disisir, hal itu tidak apa-apa.

Doktor Iyadah Al-Kabisi mengatakan :

Seorang wanita boleh memotong rambutnya, asalkan tidak sampai batas menyerupai kaum laki-laki. Dalil yang menunjukkan atas kebolehannya ialah, apa yang pernah dilakukan oleh para ibu kamu mukminin. Mereka biasa memotong rambut mereka sampai ke batas telinga.”


  • Haram hukumnya seorang wanita memotong rambutnya sehingga menyerupai wanita-wanita kafir, berdasarkan sabda Rasulullah,
“Barang siapa menyerupai suatu kaum, berarti ia termasuk di antara mereka.”
  • Haram hukumnya bagi seorang wanita memotong rambutnya sehingga menyerupai kaum laki-laki, berdasarkan Sabda Rasulullah
“Allah melaknati wanita-wanita yang menyerupai kaum lelaki, dan lelaki-lelaki yang menyerupai kum wanita”
  • Nabi melarang seorang wanita mencukur rambutnya

Postingan ini bukan maksud menggurui ato gimana.. cuma pengen sharing aja..๐Ÿ™‚ semoga bisa bermanfaat buat kita semua.. ^^

42 thoughts on “Hukum Memotong Rambut bagi Wanita ^^

  1. tunsa says:

    Diriwayatkan dalam Kitab Ash-Shahih (Al-Bukhari dan Muslim) dari Ibnu Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu bahwa ia berkata: “Semoga Allah melaknat wanita-wanita yang mentatoo dirinya atau meminta ditattokan, yang mencukur bulu alisnya atau meminta dicukurkan, yang mengikir giginya supaya kelihatan indah dan mengubah ciptaan Allah.” Kemudian beliau berkata: “Mengapa aku tidak melaknat orang-orang yang telah dilaknat oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasaallam dalam Kitabullah, yakni firman Allah:
    ูˆูŽู…ูŽุง ุกูŽุงุชูŽุงูƒูู…ู ุงู„ุฑู‘ูŽุณููˆู„ู ููŽุฎูุฐููˆู‡ู ูˆูŽู…ูŽุง ู†ูŽู‡ูŽุงูƒูู…ู’ ุนูŽู†ู’ู‡ู ููŽุงู†ู’ุชูŽู‡ููˆุง ูˆูŽุงุชู‘ูŽู‚ููˆุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุดูŽุฏููŠุฏู ุงู„ู’ุนูู‚ูŽุงุจู ๏ดฟูง๏ดพ [ุงู„ุญุดุฑ: ูง]

    “Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah; dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah sangat keras hukuman-Nya. [QS Al Hasyr: 7]. (Fatawa Lajnah Daimah V/179)

    share yang bagus, mbak kalo boleh saran. jika nulis hadits di kasih riwayat siapa gitu, hehe…
    cuma saran…smile

  2. Regina says:

    Yang disambung-sambung tuh namanya hair extension, mbak. Hehe๐Ÿ˜› Aku sih potong rambut biar gak gerah ๐Ÿ˜›

  3. Eyangresi313 says:

    Sejenak tafakur dalam kehinganโ€ฆโ€ฆ..
    Memaknai arti hidup dalam seraingkaian khilaf dan dosaโ€ฆ..
    Lisan kadang tak terjaga,โ€ฆ.
    Jannikadang terabaikan,โ€ฆโ€ฆ
    Hati kadang berprasangka,โ€ฆ.
    Sikap kadang menyakitkan,โ€ฆ..
    Harapan ini akan menjadi indahโ€ฆ..
    Jika maaf & silahturrahim ada diantara kita.
    Selamat menempuh bulan suci Ramadhan 1431 Hijriah.
    Mohon maaf lahir dan batin.
    Semoga Allah selalu memberikan
    Taufiq, Hidayah, Maghfirah dan Ridho-Nya untuk kita semua.
    Amiiiiiโ€ฆ.n !

  4. Anex curut says:

    # Apabila kita memotong rambut untuk mengungkapkan perasaan sedih (frustasi) *khan ada tuh orang yang kalo putus cinta lantas motong rambutnya..atau berkabung atas kematian seseorang, hal itu hukumnya haram juga..

    point yang ini,..untung gak potong leher ajah sekalian .hehehhehehe

    Apabila kita memotong rambut dengan tujuan untuk memperlihatkan perhiasan kepada orang yang tidak boleh melihat perhiasan atau kecantikannya, maka hal tsb hukumnya haram.
    yang point ini,..saya setujuh.harus haram,soalnya mengacu ke sifat ria ni.*sok tau gue ye*.gkgkgkgk,maklum lah soalnya punya pengalaman pahit ni.gara2 rambut.

    oya,..btw disambung rambut,saya punya cerita ni,.
    temen saya,..bela-belain nabung buat nyambung rambutnya supaya terlihat lebih wh,bagus and terndi kali ya,..he.
    tiba pada waktu disambung,girangnya minta ampn cz menurutnya bagus,memuaskan deh katanya.
    nah,berjalan 3 hari,dia mengeluh,..rambut sambungn yang dari salon tuh ternyata banyak kutunya,..ya sudah terjadilah sebuah cerita menggelikan*bagi saya*,sampai sekarang tuh anak banyk kutu’a loch.akakkaka.
    dari situ dia nabung lagi,buat lepasin tuh sambungan rambutnya,soalnya gak gratis juga ngelepasin sambungan tuh,.(katanya).hehe.

    ujung-ujngnya bukan keren atau bagus malah nyungsep,rugi deh bandarnya.hahhaha

  5. loewyi says:

    Yup bener tuch mbak.๐Ÿ™‚ tapi dijaman sekarang sepertinya sudah terlalu banyak wanita yang tidak mengetahui tentang ini mbak, atau bahkan tidak mau tau.๐Ÿ™‚

  6. bhiberceloteh says:

    Horee… saya ga termasuk yg di haramkan, soalnya saya potong rambut karena udah kepanjangan, rambut rusak, gampang rontok dan bercabang! hehe..

    model rambut pun ga macem2, soalnya wajah ga mendukung! heheheh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s