Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Buat ibu-ibu yang lagi hamil, mungkin memiliki banyak pertanyaan seputar makanan apa aja sih yang boleh dan yang bagusnya dihindari selama kehamilan… dan kenapa???

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan karena mereka dapat menyebabkan infeksi-infeksi seperti; salmonella,toksoplasmosis,listeria, E.coli, yang dapat membahayakan bayi dalam kandungan.

  • Jangan makan daging mentah (sushi) atau yang dimasak kurang matang, karena mengandung Toksoplasmosis sebuah parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin dan juga E.coli, yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin.
  • Toksoplasmosis terdapat pada sayuran yang tidak dicuci dengan baik, oleh karena itu bersihkan sayuran dengan baik, apalagi untuk salad atau lalapan yang dimakan mentah. Hindari juga kotoran kucing atau bermain-main dengan kucing selama kehamilan karena mengandung toksoplasmosis.

     

  • Jangan makan daging ayam dan telur yang dimasak kurang matang atau mentah , hindari makan hati ayam/daging yang mungkin sumber dari salmonella, yang dapat menyebabkan diare yang berat pada ibu hamil. Juga diperhatikan piring, alat-alat masakan yang terkena daging ayam mentah ini untuk dicuci.

     

  • Ikan tuna steak, ikan sea bass, shark, atau ikan-ikan berukuran besar yang diketahui mengandung tingkat mercuri yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan saraf jika dimakan dalam jumlah besar. FDA rekomendasi ikan tuna dan ikan ukuran besar ini sebatas 12 ons perminggu

     

  • Keju lunak seperti brie dan camembert, blueveined cheese juga keju dari susu kambing dan domba, serta jangan minum susu yang tidak di pasteurisasi. Semua produk ini mempunyai resiko membawa listeria. Listeria tipe bakteri yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi janin, pada dewasa tidak ada gejala atau seperti flu. Listeria dapat menyebabkan keguguran,kelahiran premature, dan keracunan dalam darah. Sebaiknya hindari makanan jenis ini sampai melahirkan bayi.

     

  • Jangan minum yang mengandung alcohol dapat menyebabkan kelainan perkembangan pada janin ada juga problem emosional pada bayi.
  • Minuman yang mengandung cafein seperti kopi, teh sebaiknya di hindari atau dibatasi karena kopi dapat memperngaruhi berat badan rendah pada bayi, keguguran dan juga cafein mengurangi penyerapan zat besi.

Yang perlu diingat oleh ibu : perkembangan bayi dalam kandungan tergantung dari apa yang ibu makan selama kehamilan. jadi, dijaga ya makannya selama masa kehamilan demi calon si buah hati..πŸ™‚ yang suka sushi, ditahan dulu buat ga nyushi selama 9 bulan ya..πŸ˜€

35 thoughts on “Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

  1. zee says:

    Bener banget, gizi bayi dalam kandungan sangat dipengaruhi oleh makananan ibu. Waktu saya hamil, bertahan deh gak makan sate, gak minum soda, stop bir.

  2. Necky says:

    info yang bagus….sebagai pegangan…tapi yang terpenting dari itu adalah suasana hati si ibu hamil jangan terlalu emosi, sedih, marah karena memperngaruhi si janin. Lebih relax….banyak makan vitamin, minum susu, makan sayuran…serta banyak2 senang deh

  3. gaya hidup says:

    info yang sangat lengkap sekali ini , Fitri
    dan tentunya perlu utk para ibu2 yg sedang hamil .

    gizi utk bayi dlm kandungan memang tergantung dr asupan makanan sang ibu
    salam

  4. fitr4y says:

    wew persiapannya dah matang bgt dek .. heheheeeπŸ™‚

    oya sekalian mw koreksi, nama u di blog qu ada dalam kelompok yg menemaniku di panggung, bersama lozz akbar dan kawan2 lainnya .. hehehee

    salam πŸ™‚

  5. pink says:

    alcohol. makanan yang paling membahayakan untuk janin.
    kalo yang lain-lain masih lebih efeknya masih soft, tapi alcohol udah keras banget dan efeknya ngaruh banget buat janin.

  6. Aquidea says:

    Salam kenal Mbak…. Kalau menurut dokter istri saya, orang hamil itu bukan orang sakit… So semua makanan boleh dimakan asal bukan makanan atau minuman yang berbahaya…. Memang sih kalau dilihat dari penjelasan Mbak itu beberapa makanan memang tidak boleh dimakan… nice post Mbak… tq buat share artikelnya….

  7. melly says:

    fit infonya bermanfaat bgt, tp fit makanan2 itukan kebanyakan di kota yah?
    kayak shark, keju, shushi, tuna, steak.
    klo untuk dipedesaan kan jarang bgt kayaknya ada makanan yg mahal2 kek gitu. jadi aman yahπŸ˜€ hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s