Senyuman ^^

Senyuman merupakan sihir halal, menampakkan rasa persaudaraan, memperlihatkan kejernihan, risalah kasih sayang dan ungkapan cinta. Senyuman apabila menghantam karang kedengkian, maka dia akan menghancurkannya dan apabila jatuh menimpa tumpukan permusuhan, maka dia akan menghapusnya. Senyuman itu mencerai-beraikan ikatan kebencian, membuang waswas rasa dendam, mencuci ikatan kedengkian, dan menghapus luka pemutusan hubungan. “Senyumanmu di hadapan saudaramu adalah sedekah,” karena Anda menghadiahinya dengan kehalusan, Anda menentramkan hatinya dengan kehalusan, Anda menentramkan hatinya dengan penemuan yang indah dan Anda mendinginkan kepedihan hatinya dengan kecerahan hidup.

Wahai orang yang ingin menarik simpati, senyumlah di hadapan orang banyak, Anda akan menghanyutkan kebusukan – kebusukan hati mereka dan menarik kerinduan – kerinduan jiwa mereka. Senyuman merupakan obat manjur yang direkomendasikan oleh ahli – ahli hati. Barangsiapa yang Allah inginkan kebaikan baginya, indahlah akhlaknya dan lembutlah hatinya. Dia menyinari kehidupannya dengan derai senyuman untuk saudara – saudaranya, sehingga cahaya – cahaya ketenangan melimpahinya dan sepoi – sepoi kenyamanan menghembusnya. Sehingga orang yang cemberut kehidupannya, muram wajahnya, dan bejat akhlaknya adalah orang – orang yang merugi dan bukan selainnya, karena dia kehilangan teman – temannya, mencampakkan kawan – kawannya dengan kemasaman mukanya dan menyia – nyiakan persahabatan yang bisa menghasilkan banyak harta, berupa emas dan perak.

“Dan yang mempersatukan hati mereka (orang – orang yang beriman). Walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al – Anfal: 63)

Sumber : Buku ‘Mulia Ketika Hidup,Mulia Ketika Mati’ Oleh A’idh Alqarni

Tulisan Ini dikirim oleh “Arizal Akbar Zikri”

33 thoughts on “Senyuman ^^

  1. zee says:

    Tersenyum itu kan gratis ya, tapi memang banyak orang yg terbiasa jarang senyum.🙂 apalagi klo habis bete or apa gitu. Kalau saya termasuk yg gampang senyum dan ga gampang senyum juga. Lihat2 situasi. Tp skrg mau mbiasakan diri memberi sedekah senyum.


    heheh..sama atuh mbak..kalo lg bete mah aku juga susah banget buat senyum..😀

  2. chocoVanilla says:

    Untunglah saya ini tergolong murah senyum, malah kadang suka senyum-senyum sendiri😀


    asal jangan terlalu sering senyum-senyum sendiri yah mbak..ntar dikira apa ama org..😛

  3. adizone23 says:

    jadi ingat lagu DEWA “hadapi dengan senyuman”

    tersenyumlah karena senyum adalah ibadah

    Seberat apapun masalah dalam hidup ini apabila kita hadapi dengan senyuman secara psikologis beban itu telah terkurangi. #ngutip

  4. bhiberceloteh says:

    Senyum ga bisa dibuang pake kemuraman, kemuraman ga bisa menghapus senyum tiba2..
    Tp kemuraman, bisa dibuang pake senyum..
    Coba deh klo lagi muram, paksain pasang senyum manis di kaca, believe me, pasti ada sedikit dari kemuraman itu hilang karena senyuman..🙂

  5. bundadontworry says:

    senyum bikin hati bahagia,
    senyum menyehatkan,
    senyum juga ibadah dan sedekah,
    senyum Fitri , bunda suka……maniiieesss…….🙂
    mau ikut utk selalu tersenyum ………….🙂
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s