Egois !!!

Horee…akhirnya bisa ngeblog lagi..si wp dah mau dibuka akhirnya.. *jingkrak-jingkar*

Okelah, kali ini aku mo ngebahas tentang egois.. pasti tau donk apa itu egois?? Hayoo ngaku, siapa yang pernah bersikap egois??? *ngacung*

Teori egotisme diasaskan oleh Friedrich Wilhelm Nietche yang merupakan seorang pengkritik utilitarianisme dan menentang teori kemoralan sosial. Dimana teori egoisme ini berprinsip bahwa setiap orang mesti bersifat keakuan, yaitu melakukan sesuatu yang bertujuan untuk memberikan keuntungan bagi diri sendiri. Dan juga, setiap perbuatan yang memberikan keuntungan merupakan perbuatan yang baik dan merupakan perbuatan yang buruk jika melakukan sesuatu yang merugikan diri sendiri. *serem banget yah teorinya*

Yah secara mudahnya, egois itu adalah suatu perasaan atau rasa dimana kita hanya melihat dari satu sisi aja, dan mengabaikan sisi yang lainnya, atau dengan kata lain nih, egois itu adalah suatu sikap dimana kita hanya mementingkan kesenangan kita sendiri tanpa memikirkan atau melihat orang lain disekitar kita. Terserah deh orang mo sedih, ga suka atau kecewa yang penting kita senang. Orang yang egois itu selalu mengedepankan keinginannya di atas keinginan orang lain. Orang yang egosi itu ga bisa memahami pikiran orang lain, perasaan orang dan selalu menuntut untuk diikuti semua pendapat dan keinginannya. Aiiihhhh pasti nyebelin banget yah kalo ketemu ama orang yang kaya gini.. rasanya pengen dijitak deh kepalanya..:mrgreen:

Tapi tau ga sih, kalo sebenernya tiap kita itu memiliki sifat egois.πŸ˜€ namun kalo dibilang egois pasti deh ga mau terima..πŸ˜›

Ga bisa di pungkiri kalo manusia itu ga bisa lepas dari sifat egois. Cuma yang ngebedainnya kadar keegoisannya. Ada orang yang Cuma egois pada hal yang tertentu aja, tapi ada juga yang sifat egoisnya sangat menonjol. Karena kita adalah makhluk sosial tentu kita ga bisa bersikap terlalu egois. Kita ga bisa mementingkan kepentingan kita semata, kita juga harus memikirkan kepentingan orang lain. Yang pasti kita harus mengendalikan sifat egois kita kalo mau hidup didalam masyarakat dan disenangi orang lain.

Ada banyak cara untuk mengendalikan sifat egois. Salah satunya adalah dengan bersabar. Lho kok dengan bersabar?? Lha iya.. dengan bersabar, hati akan menjadi tenang, dan kita juga akan lebih mudah mengendalikan diri serta rasa ingin menang sendiri ga akan terlintas dipikiran kita. Cara lainnya untuk mengendalikan sifat egois adalah selalu memutuskan sesuatu dengan musyawarah, jadi keputusan yang diambil adalah keputusan bersama bukan keputusan sepihak yang mengedepankan ego masing-masing individu.

Intinya sih, kita harus bisa mengendalikan sifat egois kita karena kita adalah makhluk sosial yang hidup dimasyarakat. Yang ga bisa seenak udel kita aja dalam bersikap..πŸ™‚

26 thoughts on “Egois !!!

  1. marsudiyanto says:

    Semoga saya nggak tergolong yang egois…
    Kalaupun iya, semoga nggak ada yang tau…


    hihihi..kalo sampe ga ada yg tau berarti pak mars bisa mengendalikan sifat egoisnya tuh..πŸ™‚

  2. bundadontworry says:

    mudah2an bunda gak seegois teori diatas akh,
    kok ya serem gituh sih, fitri…….. 😦

    salam


    iya bund.semoga kita ga seperti teori itu ya..bener-bener nyeremin bgt..😦

  3. 'Ne says:

    yup betul, setiap individu memiliki sifat egois..
    tapi kitapun berkewajiban untuk mampu mengendalikannya.. karena toleransi itu harusπŸ™‚

    *OOT: ini tulisan sebelum diposting di tulis di Word ya? cuma nanyaπŸ™‚


    bener banget mbak ne..sebagai makhluk sosial kita harus saling toleransi..dan ga boleh egois..
    iya mbak,aq posting dari word..πŸ™‚

  4. Nchie says:

    Horee..ikut seneng…ikut jingkrak2 nih..hahha..

    Egois??
    pastinya aku juga punya sifat itu,cuma cenderung bisa di atasi,


    hehehe..jangan jingkrak2 malem2 gini mbak..ntar si olive heran lg liat mamanya jejingkrkan malam2..πŸ˜€
    bagus deh mbak kalo udah bisa ngatasin sifat egoisnya..πŸ™‚

  5. carissayufita says:

    Iya mbak, menurutku setiap orang pasti punya rasa egois. Egois sebenarnya manusiawi, tergantung gimana diri kita me-maintain keegoisan itu saja. Kalo kebablasan egoisnya, yang ada jadi Public Enemy. Hehehehhehe. Siapa juga yang mau temenan sama orang yang mau menang sendiri??πŸ™‚

  6. alia says:

    semoga saya bisa mengendalikan rasa egois saja
    semoga saya bisa melihat kepentingan orang lain sebelum ambil tindakanπŸ™‚


    amiin..πŸ™‚

  7. ais ariani says:

    Nietche? ituh kan si ateis yang bunuh diri itu bukan?
    hahahahah. sok tahu dah aku.

    yes, aku juga selfish dan sedang berusaha sebisa mungkin mengendalikan nyaπŸ™‚

    wah..ga tau juga aku mbak..πŸ™‚
    yang penting kita selalu berusa untuk mengendalikannya ya mbak ais..

  8. Clara Croft says:

    Kenapa isinya jadi tentang egoisitas? Apa baru dapat pengalaman di-egoisin ato egois ke orang lain?πŸ˜‰


    hehehe..kemaren sempat berdebat ama seseorang tentang ini mbak..πŸ˜€

  9. Armeyn says:

    egois itu justru perlu ada di setiap diri kita, karena kalo kita ngga ada rasa egois, justru yang ada nantinya adalah ketidakseimbangan.

    nah, intinya ada pada keseimbangan, antara egois dan memikirkan kepentingan orang lain. Bayangkan kalau kita selalu memikirkan kepentingan orang lain, mau jadi apa kita? dan bayangkan pula kalau selamanya kita hanya mementingkan diri sendiri, mau jadi apa dunia?
    πŸ™‚

  10. Sya says:

    Saya egois, tapi pada saat tertentu dan dengan orang-orang tertentu. Jadi egoisnya masih fleksibel *eh emang bisa ya? Hehehhe.

  11. advertiyha says:

    semua ada kadarnya…
    mementingkan diri sendiri kadang diperlukan, tapi lebih baik ditekan dan disesuaikan kondisinya…πŸ™‚

    semoga kita tidak termasuk orang2 yang egois berlebihan..πŸ™‚

  12. zee says:

    Setiap orang pasti egois ya, cuma ada kadarnya masing2. Saya ini egois, tapi saya tidak mau memaksa orang untuk setuju or sependapat dengan saya. Musyawarah itu perlu, berdebat itu perlu, mempertahankan pendapat juga perlu, dan itu bagian dari egoisme juga. Saat kita mencapai mufakat bersama, walaupun di dalam hati tetap tak setuju, itu termasuk eogis juga.
    Jadi tak apalah asal tdk berlebihan..πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s