4 Mood Wanita,Before and After Menstruasi

Pria-pria selalu bilang, kalau memahami wanita itu sulit…Masa sih? Konon naik turunnya emosi wanita lah yang membuat para pria jadi mengerutkan dahi menghadapi lawan jenisnya ini. Menurut para ahli, wanita memiliki ketidakstabilan hormon, inilah yang jadi salah satu pemicu timbulnya hubungan yang kurang harmonis dengan lingkungan sekitarnya, termasuk pada pria pasangannya. Pantesan yah kalo lagi dapet tuh bawaannya sensi banget. Mudah naik turun gitu emosi.. *jelek banget deh*

Apa ini sepenuhnya benar?

Untuk mengenali dan mengatasi ‘gangguan’ kadar hormon yang ‘naik turun’ ini, berikut catatan menarik buat kita agar bisa mengatasinya

Minggu -1 : Minggu Setelah Haid

Pada minggu ini, setelah haid selesai, fluktuasi hormon estrogen mulai naik. Maka secara psikologis kita bakal merasa lebih percaya diri, bersemangat dalam menghadapi aktifitas harian kita. Jadi, manfaatkanlah kondisi menyenangkan ini untuk merencanakan beberapa rencana yang sempat tertunda. Misalnya, menyelesaikan pekerjaan kantor yang terbengkalai atau membereskan urusan keluarga yang tertunda.

SARAN: Pada kondisi ini biasanya kulit sedang dalam kondisi sensitif. Jadi, rawatlah kulit dengan hati-hati dan hindari perawatan yang kecantikan yang menimbukan rasa sakit, seperti waxing atau peeling wajah.

Minggu ke – 2 : Masa ovulasi

Inilah saat hormon estrogen berada pada titik puncak dan produksi hormon progesteron juga meningkat. Efek psikologis yang kita rasakan saat ini adalah merasa diri sangat seksi, sensual dan penuh gairah. Tak heran jika pada kondisi ini kita bisa sangat menikmati hubungan cinta bersama pasangan dan sekaligus terlihat menarik bagi pasangan. Manfaatkanlah kondisi ini untuk menebarkan pesona dan energi positif kita kepada semua orang. Dengan begitu semua orang akan lebih menyukai kita.

SEBAGAI SARAN: Belilah parfum! Sebab pada minggu ini indra penciuman kita sedang dalam keadaan yang sangat baik. Satu lagi, bagi yang belum ingin memiliki momongan, jangan lalai memakai kontrasepsi karena saat ini kita sedang sangat subur.

Minggu ke -3 : PMS

Jumlah hormon esterogen mulai menurun dan fluktuasi hormon progesteron mulai tidak stabil. kita mulai merasakan hal-hal yang tidak menyenangkan, seperti mudah jengkel, marah, cepat merasa frustasi dan mudah menangis. Nah, kalau sudah begini lebih baik hindari beraktifitas pada jam-jam sibuk dan hal-hal yang bisa membangkitkan emosi.

SEBAGAI SARAN: Perbanyak makanan yang mengandung kalsium dan magnesium, manjakan diri sendiri dengan relaksasi serta hindari kafein agar gejala PMS tak semakin parah. Melakukan Waxing dan peeling wajah juga dianjurkan.


Minggu ke – 4 : Masa Menstruasi

Pada kondisi ini, semua hormon dalam tubuh sedang dalam kondisi rendah atau ‘tidur’. Jadi tak heran jika kita lebih sering merasa lelah dan selalu ingin berbaring atau tiduran. Usahakan untuk banyak beristirahat agar tubuh dapat melakukan regenerasi.

SEBAGAI SARAN: Silahkan menyantap banyak cokelat, karena makanan lezat ini bisa membantu tubuh kita melepaskan hormon serotonin yang menimbulkan rasa gembira dan riang.

Mengenal Menstruasi dan Faktanya – Bagi sebagian perempuan, masa menstruasi bisa sangat mengganggu. Sementara itu, yang lain bisa melewatinya dengan santai-santai saja. Datangnya mens bisa membuat kita lega, bisa juga membuat kita kecewa berat. Dalam kenyataannya, banyak hal bisa terjadi akibat pengaruh menstruasi ini. Banyak fakta yang tergolong unik. Beberapa di antaranya bahkan bisa bermanfaat untuk kita.

  • Ingin diet? Awali pada minggu pertama dari siklus hormon kita. Menurut sebuah studi dari Tufts University, kita cenderung makan 12 persen lebih sedikit pada minggu ini dan mengalami penurunan hormon yang menyebabkan kita ngidam makanan tertentu.
  • Bila ingin berhenti merokok (khusus wanita yang merokok), coba lakukan pada paruh kedua siklus menstruasi. Penelitian yang dilakukan University of Minnesota pada tahun 2008 menunjukkan bahwa estrogen adalah hal yang menyebabkan kita ingin mendapatkan substansi yang sifatnya adiktif, seperti nikotin. Ketika kadar hormon ini menurun pada minggu ketiga dan keempat, kita tidak lagi begitu menikmati rokok. Saat itulah kita bisa berhenti merokok.
  • Menstruasi bisa membuat kita sulit berbicara. Menurut studi yang sama dari University of Minnesota, progesteron mengacaukan kemampuan verbal kita sehingga kita selalu salah mengucapkan kata-kata dan jadi lemot. Hormon ini jugalah yang menyebabkan kita sembelit atau kembung. Jadi, tambahkan menu serat dan banyak minum air putih agar fisik tetap bugar.
  • Mood swing, yang merupakan gejala menstruasi, bisa menular. Jika pasangan kita menjadi moody pada saat kita sedang mens, kita bisa membantunya untuk mengembalikan mood baiknya. “Ada bukti bahwa fluktuasi testosteron setiap bulan bisa menghasilkan gejala mirip PMS pada pria,” kata Jed Diamond, psikoterapis asal California yang juga menulis buku Male Menopause. 

    Menurut sebuah studi yang dipresentasikan di 11 th Biennial Conference untuk Society for Menstrual Research, pria yang mengisi kuesioner mengeluhkan mood swing bulanan yang mirip dengan yang dialami kaum perempuan. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lanjutan mengenai hal ini.

     


  • Teman sekamar kita bisa ikut mens ketika kita sedang mens. Hal ini disebabkan oleh siklus bulanan. Para ahli juga mengatakan bahwa tanda-tanda kimiawi pada tubuh seorang perempuan kemungkinan ditiru oleh tubuh perempuan lain. Ini tidak mengherankan karena perempuan yang tinggal bersama biasanya juga mengalami stres yang sama. Penyebab stres yang sama bisa memengaruhi waktu menstruasi mereka.
  • Menstruasi bisa bikin kita diare. Senyawa kimia yang memicu kontraksi saluran kemih untuk membantu mengeluarkan darah secara tidak sengaja menyebabkan usus kita untuk ikut berkontraksi. kita bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit pada serangan nyeri ini untuk menghentikan kontraksi.


oke, deh semoga bermanfaat yah..

sumber : http://ceriwis.us

43 thoughts on “4 Mood Wanita,Before and After Menstruasi

  1. melly says:

    waaahhh nice info sist..hehe

    beneran nih klo lg menstruasi mood kadang aneh, suka kesel sendiri rasanya..hehe😀


    hihihi..iya mbak..suka heran bgt liat mood kalo lg dapet..😀

  2. 'Ne says:

    bagus banget nih infonya hehe.. emang iya sih sebelum mens pasti PMS dulu deh:mrgreen: jadi moody banget ya😀 terutama jadi gampang sedih kalo aku sih😆

    dan selalu siapin coklat dan minuman coklat hehe..

    ngomong2 aku ma temenku juga sering bareng lho haidnya, mungkin karena sering jalan bareng kali ya😀

    heheh..kalo aku dulu suka bareng ama orang dirumah mbak..😀

  3. Arif Bayu says:

    makanya istriku kalau mau dapet uring-uringan terus….hehehehehe salam kenal dari jember


    salam kenal juga mas..🙂

  4. advertiyha says:

    Kayaknya kok aku gak pernah ngaruh ke emosi yak kalo lagi mau Haid atau pas haid, hehehe…
    cuma badan aja yg oada sakit,,,🙂

    trims infonya ya Pid sayang,,,


    aku dulu juga ga terlalu ngaruh gitu mbak..tapi ga tau nih, akhhir-akhir ini emosi aku naik turun kalo mau dapet..🙂
    sama-sama mbak sayang🙂

  5. 3sna says:

    huahahhaha.. kalo masalah kesabaran pria gara2 perempuan PMS dan after M… cowo saya perlu dikasih piala… sumpah dia sabar abissss…😆 ini info kayaknya dia udah tau deh… justru saya yang perlu dikasih tau…
    thanks for the great info😉

    salam~

  6. Nchie says:

    Bener banget fit kadang menjelang menstruasi serba sensitif,kalo aku lebih ke emosi aja kalo badan sakit alhamdulillah ga pernah ..
    Makanya papa si Olive sudah hafal kalo PMS bawaannya jangan macem2 ntar di semprot mama deh,hihhi..

    Tengkyu banget infonya fit..

  7. Arik says:

    2 hari sebelum haid mood pasti ga menentu..kalau saya uring2an semua yg diliat pasti slah..marah2 mulu…
    kalau makan coklat itu saya hampir tiap hari..coklat apa aj, abis makan coklat hati lebih senang hehehhe

  8. zee says:

    Hai Fit.
    Kalau saya, terus terang tidak lagi memperhatikan mood.
    Soalnya kalau sudah mau haid, sudah stress duluan mikirin sakitnya nanti. Dan memang kalau sudah nyeri haid, waduuhhhh bisa pingsan2….😦

  9. bhiberceloteh says:

    Wah pantesan, aku sering muncul jerawat setelah mens.., karna lagi sensitif kali ya kulitnya..?

    thanks info nya Fit😉

  10. Pembalut Wanita says:

    Selamat pagi mbak fitri, salam kenal. Bagi laki2, wanita selamanya adalah misteri. Terlalu sulit dipahami…
    🙂 Ngga tau kalau laki2 di hadapan wanita? Apa juga seperti itu?

    Mbak, mudah2an dengan misteri ini, membuat kita sama2 saling tertarik, untuk kemudian bisa saling melengkapi, setuju ngga?🙂

    Hormat Saya, Suaidi Bakhtiar
    Agen Pembalut Wanita Kain Yang Sehat, Aman dan Nyaman.
    Jl. Gajayana Gang 1 no. 743 B Dinoyo, Kota Malang
    HP : 0856 4960 8915 | Fleksi : 0341 549 6281 | pembalutwanitaonline@yahoo.com
    http://www.pembalutwanitaonline.wordpress.com

  11. Park Sung Ra says:

    Kalau saat masa PMS sm Menstruasi, aku gak sampe nangis sih..

    Tapi bawaannya pengen marah-marah, mood naik turun makanya jd pendiem bgt.

    Baru tau 4 mood wanita setelah baca ini.. Para cowok harus tau! Bukan karena perempuan yg terlalu labil, tp emg karena hormon. Hihi.

    Nice artikel!♥

  12. DANTE says:

    wah . gara2 ini kekny. kadang ngomel ga jelas. kadang jam 3 mlm nlfon cma mw marah2 . y musti sabar extra ini .☺

    thx min. nicdm post

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s