Lakukan Karena Allah

Pernah ga kebaikan yang kita lakuin dibalas dengan keburukan?? Gimana rasanya?? Pasti kesel khan ya? Harusnya diberi ucapan terima kasih. Nah, setiap perbuatan kita hendaknya diniatkan karena Allah semata dan jangan pernah mengharapakan terima kasih dari orang lain. Ini akan menjadikan kita tidak kesel atau gundah kalau kebaiakn yang kita lakukan ga mendapatkan ucapan terima kasih. Yang kita carikan seharusnya hanya pahala kebaikan dari Allah.

Allah berfirman

“mereka mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya” (QS.Al-Fath:29)

“Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak mengehendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih”(QS. Al-Insan:9)

Berbuat baiklah hanya untuk Allah, sebab hanya Dia-lah yang akan memberi pahala. Dia lah yang akan memberi karunia. Allah lah yang akan menjatuhkan sanksi, membalas setiap amal. Dan, Dia yang akan meridhai dan juga murka.

Alkisah, ada seorang salih memmberi sepiring makanan kepada orang yang buta. Ketika keluarga orang shalih itu mengetahui akan hal itu, mereka berkata,”bukankah orang buta tidak tahu apa yang dimakannya.”

“Tapi, bukankah Allah mengetahuinya.”jawab orang shalih itu.

Selama Allah masih melihat dan mengetahui kebaikan yang kita lakukan, serta mengetahui keutamaan yang kita ulurkan, makan janganlah mengharapkan pujian dari orang lain.

31 thoughts on “Lakukan Karena Allah

  1. riez says:

    Pastilah klo kebaikan dibalas keburukan nyesek bgt…tapi insyallah sperti yg kak mel tulis ini lakukan karena Allah..insyallah bisa mengobati hati yg nyesek

  2. Necky says:

    benar banget…kalau kita memberi pertolongan dengan ikhlas sangat sulit melakukannya karena lillahi ta’ala. Semoga kita berbuat sesuatu bukan karena balasan dari yang kita tolong tapi karena Allah SWT …

  3. mama-nya Kinan says:

    Hmmm, menyejukkan..makasih mbak fitri…berasa diingatkan..seneng BW ketempat mbak.. jadi sejuk dan diingatkan untuk selalu ikhlas semua diniatkan hanya karena allah swt…

  4. dhe says:

    seperti kata pepatah neng, ketika tangan kanan memberi usahakan tangan kiri tidak tahu.. yaa, intinya luruskan niat aja.. cukuplah karena Allah kita berbuat baik..🙂

  5. ais ariani says:

    persis kek mamah sering bilang ke aku fit: kalau kamu mengharapkan manusia membalas perbuatanmu, maka bersiaplah kamu kecewa,
    niatkan itu semua karena Allah🙂

  6. Nchie says:

    cerita yang sangat menyentuh..
    jika kebaikan di balas dengan keburukan,biarlah,tetep menerima,karena hanya Allah yang tau semua itu..
    semoga aku..kita termasuk orang2 yang berbuat kebaikan karena Allah ..

  7. bhiberceloteh says:

    Ga mengharapkan balasan sih, tapi paling tidak for some case ucapan terima kasih adalah hal yang sepantasnya dilakukan..🙂

  8. Fiyaa says:

    aku dulu begitu, uni..
    kalo berbuat baik ke orang, trus orang yang bersangkutan membalesnya gk sesuai harapanku, aku bencinya setengah mati.. Tapi sekarang udah gk kok, kan yang penting, Allah yang nanti membales perbuatan baikku ke orang lain 🙂

  9. arieyanie says:

    yups… benar !
    jangan menolong karena pengen dipuji atau ada maunya.
    seperti yang banyak yang kita lihat sekarang,.. masak mau ngasih bantuan ke anak yatim atau fakir miskin mesti pake conference pers segala,…
    btw salam kenal ya, nice posting ^_^

  10. Meidhy Aja says:

    wah baru berkunjung lagi ney kesini,,,
    tulisannya keren..
    Tuhan takkan pernah meninggalkan sedetikpun makhluknya,,
    kalau kita berfikir seandainya tuhan memberhentikan 5 detik saja,,
    bagaimana keadaan kita?..

  11. aryna says:

    dan, kalau melakukan sesuatu niatnya bukan karena Allah itu dosa loh…bukan hanya gak dapat pahala dan repot doang…^_^

  12. 'Ne says:

    sepakat deh Fit, kalo kita belum apa2 udah pengen imbalannya ya jadinya kesel sendiri kalo gak ada terima kasih hehe.. saya percaya kalo Allah pasti akan membalaskan kebaikan kita meski bukan dari orang yg kita tolong secara langsung, karena Allah punya banyak cara🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s