Hakikat Do’a

Pernah ga sih berdo’a, terus do’a kita ga dikabulkan ama Allah..?? pasti rasanya gimana gitu ya.. tapi jangan sampai negative thinking ama Allah ya kalo do’a kita ga dikabulkan, selalu berusaha untuk berbaik sangka padanya. Baru-baru ini aku berdo’a dengan sepenuh hati, dan do’a itu sampai sekarang belom dikabulkan ama Allah. Aku sempat bertanya, ada apa ya??? Sampe suatu hari, salah satu temanku, nge-tag note tunangannya ke aku.. rasanya lumayan tertonjok sih. Lumayan bikin aku sadar, dan berfikir, oh mungkin Allah ga ngabulin do’a aku karena itu bukan yang terbaik buatku.. gimana sih sebenarnya hakikat do’a itu??

“Dan Tuhan kamu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku (berdoa) akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina.” ” (QS Al-Ghafir [40]: 60).

Orang yang berdoa kepada Allah SWT tidak akan pernah sia-sia. Allah swt akan mengabulkan setiap doa dari hamba-hambanya. Karena Allah SWT sangat dekat dengan kita. Dan Ia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Sementara orang-orang yang tidak pernah berdoa kepada Allah swt adalah orang-orang yang sombong. Kelak mereka akan masuk neraka jahanam.

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)Ku dan hendaklah mereka beriman kepadaku agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS Al-Baqarah [2]: 186).

Namun tidak setiap orang yang doanya didengar oleh Allah swt. Melainkan hanya orang-orang yang dikehendaki-Nya saja. Dan orang-orang yang beriman kepada-Nya. Serta memenuhi segala perintah-Nya juga menjauhi segala larangan-Nya.

Rasulullah SAW bersabda

“Apabila seorang Muslim berdoa dan tidak memohon sesuatu yang berdosa atau pemutusan kerabat kecuali akan dikabulkan oleh Allah satu dari tiga perkara: Akan dikabulkan doanya, atau ditunda untuk disimpan (sebagai pahala) dia akhirat, atau menghilangkan daripadanya keburukan yang semisalnya.” (Al Hadis).

Sebagai seorang Muslim dalam berdoa hendaklah kita jangan pernah berputus asa dan berburuk sangka kepada Allah swt. Karena merasa doa kita tidak di dengar atau tidak di kabulkan oleh-Nya.

Sejatinya seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW, bahwasanya Allah swt akan mengabulkan doa seorang muslim selama doa itu baik. Kalaupun tidak terlaksana bukan berati tidak dikabulkan. Bisa jadi ditangguhkan masanya, atau diganti dengan pahala di akhirat kelak. Bisa juga doa tersebut dijadikan sebagai penolak bala atas kita. Dalam artian doa tersebut menjadi pengganti dari sesuatu yang buruk yang akan menimpa kita menjadi sesuatu yang baik. Dengan kata lain, itu semua berati usaha kita dalam berdoa tidak ada yang sia-sia di sisi Allah swt.

Rasulullah SAW bersabda,

“Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah swt melebihi doa.” (HR Tirmidzi).

Biar bagaimanapun derajat doa di sisi Allah tetap menjadi yang utama. Allah swt sangat senang kepada hamba-hamba-Nya yang senantiasa berdoa dan memohon kepada-Nya. Oleh karenanya janganlah kita menjadi orang yang sombong dengan jarangnya atau tidak pernahnya kita berdoa kepada Allah SWT.

Berdoalah dengan penuh keikhlasan dan keyakinan, bahwa Allah  akan mengabulkan dan mendengar doa kita. Pada hakikatnya, alam semeseta beserta isinya adalah kepunyaan Allah. Kita hanyalah bagian kecil dari penciptaan-Nya yang sempurna. Hanya orang-orang yang sombong dan munafik yang merasa tidak membutuhkan pertolongan (tidak berdoa kepada) Allah. Wallahu a’lam bish shawab.

Sumber : Note Fb yang ditulis oleh Agustiar Nur Akbar *) Penulis adalah mahasiswa program sarjana Universitas Al-Azhar Syarif Cairo,  fakultas Syari’ah Wal Qonun.

38 thoughts on “Hakikat Do’a

  1. jumialely says:

    kita meminta harta, padahal Allah bilang, kamu adalah orang yang belum bisa disiplin dengan uang, maka saya memberikan kamu kecukupan.

    jadi Tuhan sudah punya rencana terbaik buat kita ya mbak


    iya mbak..Allah terkadang tidak memberikan apa yang kita minta, tapi memberikan apa yang kita perlukan..🙂

  2. yanrmhd says:

    optimis dan positip aja dalam berdoa, yg berdoa jangan hanya lisan, tapi hati yg berdoa, kerena Allah lebih mendengar doa yg berasal dari hati yg ikhlas, dan syukur…

    setelah selesai berdoa, bersyukurlah seolah2 doa kita sudah dikabulkan…bukankah Allah berdasar pada anggapan seorang hambaNya?🙂

    rasakan doa kita telah dikabulkan, dan jalani hidup seolah2 kita telah mendapat yang kita minta, hidup lebih optimis dan semangat…

    do the best, bismillah…😉

  3. Rudy says:

    Sifat manusia kebanyakan menuntut haknya ketimbang menunaikan kewajiban. Do’a pun ada syaratnya dan tata caranya agar dikabulkan… Apakah segala kewajiban sudah dipenuhi.. ya gak?🙂

  4. Siddiq Basid says:

    Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui. [QS. Al-Baqarah 2: 216]

  5. ahsanfile says:

    Jika doa tidak dikabulkan berarti yang kita minta bukan yang terbaik untuk kita, Allah pasti memberikan segala sesuatu adalah yang terbaik buat hamba-Nya

  6. bundamahes says:

    apa yang baik menurut kita blom tentu baik di mata Allah, begitu juga sebaliknya. Yang penting kita dah berusaha semaksimal mungkin, hasilnya??? Allah sang Maha Penentu😉

    Smangat Fit!

  7. mida says:

    Kata seorang temen, sebenarnya do’a kita itu pasti terkabul, hanya kadang datengnya dalam bentuk lain yang ga kita sadari… contoh, minta kekuatan, dikasi-Nya masalah biar kita kuat… ^_^

  8. Sugeng says:

    Saya sering begitu, bagiku positif thinking saja. Mungkin apa yang saya minta saat itu belum cocok dengan kondisi ku namun beberapa tahun kemudian baru do’aku terkabul. Semua sudah ada yang ngatur😛

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  9. Mechta says:

    kadangkala sediih saat merasa doaku belum dikabulkanNYA, tapi lalu berpikir ulang, apa iya belum dikabulkan? jangan2 bahkan sudah diganti dg yg lebih kubutuhkan??? dan berusaha utk ikhlas menerima apapun yang DIA pilihkan buatku. Trims, Fit…posting disini selalu membuat adem ati…🙂

  10. Bang Ahmad says:

    Mbak fitri, trimakasih atas infonya. Dalam kehidupan saya, prinsip saya apapun itu pemberian Allah pasti itulah yang Allah pandang baik buat saya. Jadi ketika doa saya belum terkabulkan, insyaAllah saya ikhlas dengan pemberian-Nya. Saya pikir dari pada menggerutu lebih baik kita ‘bersahabat’ dengan Allah, Tuhan Yang Maha memberi rejeki. Saya yakin doa kita yang belum terkabul hanyalah keinginan2 duniawi yang mungkin menurut Allah belum bisa diberikan saat itu karena mungkin bisa saja membuat kita lupa pada Allah.

  11. Mbakyu tary says:

    kita gak boleh berburuk sangka sama Allah, teruslah berdoa, karena hanya Allah yang Maha Memberi🙂

  12. tutinonka says:

    Jika doa kita belum dikabulkan Allah, bisa jadi Allah sedang menguji iman dan kesabaran kita, bisa jadi doa kita itu tentang sesuatu yang sesungguhnya tidak mendatangkan kebaikan bagi kita, atau bisa jadi Tuhan mengabulkannya tidak sekarang. Bagaimanapun, doa adalah ibadah, dikabulkan atau tidak oleh Allah …

  13. Nova says:

    Allah kan lebih tau mana yang terbaik buat kita, dan kapan doa kita itu lebih tepat dikabulkan. Mari berhusnuzon pada Allah:)

    salam kenal ya mbak:)

  14. guru rusydi says:

    buat saya berdoa bukan sebagai bentuk permohonan saja. berdoa perlu sebagai bentuk kelemahan, terjajah, menderitanya kita. doa pun harus dikabulkan. begitu pun rakyat pada pemimpinnya. doa, pemintaannya harus dikabulkan. kalo tidak dikabulkan seharus dan sangat memaksa pemimpin itu harus diganti. capek jadi orang miskin, capek jadi orang melarat. penguasa seh enak. tidur enak, makan enak, semua tersedia tanpa banyak tenaga kayak rakyat lainnya

  15. mamah Aline says:

    harus yakin dan percaya setiap doa didengar Allah dan diijabahNya, jika belum dirasa terkabul mungkin doa kita tidak makbul setengah hati atau bahkan Allah sedang menguji kesabaran dan keyakinan semata

  16. bundadontworry says:

    bila Allah swt tidak atau belum mengabulkan doa kita sekarang, mungkin krn tidak baik bagi kita saat ini.
    yang penting , janganlah berhenti berdoa, krn Allah swt tahu yg terbaik bagi kita , berdoa merupakan kebutuhan, entah dikabulkan sekarang atau nanti, yg penting tulus dan berbaik sangka padaNYA.
    salam

  17. bhiberceloteh says:

    betul tuh Fit, doa harus pasrah, biarkan Allah SWT memberikan jalan yang baik..
    mungkin ga terlihat maksud-Nya saat ini, tp nanti.. pasti kita sadar bahwa jalan-Nya adalah yang terbaik untuk kita🙂

  18. 'Ne says:

    jika belum dikabulkan jangan lantas marah ya Fit..
    karena Allah maha tahu yang terbaik bagi umatnya.. yang penting selalu berprasangka baik padaNYA..

  19. nuraeni says:

    astagfirullah ….
    sungguh dia orang yang kafir jika tidak meminta pertolongan mu
    ya rabb…
    mudah-mudahan jangan sampai kita seperti itu…
    bantulah aku ya ALLAH…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s