Orang Minang = Orang Padang ??



Hayoo ngaku deh, kalo misalnya ada yang bilang dia orang minang pasti pada mikir dia pasti orang padang…๐Ÿ˜› ngaku deh..ngakuu..hayoo ngaku..:mrgreen: lho kok aku tiba-tiba ngebahas ini? Soalnya aku mengalaminya beberapa kali.. sebenarnya bukan orang minang sih, tepatnya kalo misalnya ada yang nanya asal ku dari mana saat baru kenalan, biasanya aku bilang dari sumatera barat, abis itu pasti deh yang nanya jawabnya gini “ohh..orang padang ya?? ” *lho emangnya di Sumatera Barat yang ada Cuma Padang doank ya??๐Ÿ˜€ Yah mungkin karena daerah lain di sumatera barat belom dikenal ama orang banyak kali ya.. let me tell u..๐Ÿ˜€ di sumatera barat tuh ada daerah Padang, Pariaman, Padang Panjang, Bukit Tinggi, Payakumbuh, Solok, Batu Sangkar, Pasaman, Sawahlunto, dll.. Nah, aku tuh asalnya dari Sumatera Barat dan tepatnya tuh dari Payakumbuh, bukan Padang ya..๐Ÿ˜› emang sih dulu sempat tinggal di Padang selama 4 taon waktu kuliah dulu.. tapi tetep aja aku bukan orang Padang.. Mungkin ini sama juga kaya orang bule yang kalo kita nyebut indonesia pasti langsung bilang “ooo bali ya”, padahal khan Indonesia itu bukan Cuma Bali doank..

Nah hal serupa tuh umum terjadi kalo orang minang tuh sama dengan orang padang.. *bukan orang luar aja sih, orang minang sendiri kadang menyebut diri mereka orang padang, padahal mereka bukan dari padang..๐Ÿ˜€. Sebenarnya orang minang itu ga sama ama orang padang, minang itu khan suku,Suku minang. Sedangkan Padang itu nama kota. Emang sih orang padang pasti orang minang, tapi orang minang belom tentu orang padang lho ya.. kaya aku nih, aku orang minang dari Payakumbuh๐Ÿ™‚

Nah ada hal lain lagi nih.. yang terkenal itu pasti sate padang atau Rumah makan padang khan?? Padahal di padang sendiri ga ada tuh yang namanya rumah makan padang..๐Ÿ˜› soal sate, yang terkenal malah sate Pariaman, sate mak syukur Padang Panjang ama sate Danguang Danguang di Payakumbuh..:mrgreen:

Btw emang penting yah ngebahas ini?? Keliatannya sepele banget khan.. tapi kadang cukup menganggu.. so, aku Cuma mo jelasin dikit aja biar yang lain jadi tau, and ga salah lagi..๐Ÿ™‚ semoga bermanfaat..๐Ÿ˜€

55 thoughts on “Orang Minang = Orang Padang ??

  1. Darin says:

    Iya bener nih, kalau ada kenalan yg nyebut dari Sumbar pasti saya tebak: ooh orang Padang๐Ÿ˜€
    Padahal macem2 ya daerah asalnya. Senasib sama saya pas njawab asal dari Cirebon, malah dibales: ooh orang Sunda ya, padahal Sunda bukan Jawa juga bukan. tengah2 deh hehe

  2. Nchie says:

    OOOOoo gitu ya fit..
    orang minang dari Payakumbuh..

    iya deh ntar aku ga akan salah lagi.
    hehhee..

    *pengumuman aja*
    aku orang sunda+jawa dari bandung hihiih..

  3. nh18 says:

    Hahaha …
    Saya tidak pernah lho …
    Saya tau banget … kalo orang Minang itu tidak selalu berarti orang padang …

    Gimana nggak tau …
    sehari-hari saya kan tidur berpelukan dengan Wanita Minang … ???
    hehehe

    Bunda itu dari Pariaman …
    Kampung halamannya di Ampalu …

    Salam saya
    Rang Sumando

  4. Agry says:

    4 tahun lalu aku belum ngerti letak perbedaan orang minang dan orang padang, setauku ya seperti itu, kalo orang sumatera barat ya berarti orang padang:mrgreen:

    tapi sekarang ngga kok, udah jelas. Malah jatuh cinta sama budaya dan alam Minangkabau๐Ÿ˜‰.. Terutama Koto Gdang Bukittinggi๐Ÿ˜‰

  5. adizone23 says:

    Orang Minang identik dengan Orang Padang bagi orang awam dan yang belum tau tentang sumatra barat.

    orang diluar sana mungkin kenalnya orang minang ya orang padang. sepertinya hal itu udah baku, ni
    orang minang = orang padang
    ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

  6. Necky says:

    sama juga dengan sebutan orang batak, saya pikir batak=medan. Setelah ke medan, ternyata yang banyak di sana orang melayu….hehehehehe. Orang batak itu banyaknya ad diluar kota Medan ternyata…

  7. DzakyFai says:

    Salam kenal yach wah nama sma dan sama2 urang awak nich, iya kalo ditanya orang, ibunya Dzakyfai bilangnya orang Minang……kalo dibilang Padang langsung bilang “bukan, dari SOLOK” he he he

  8. omiyan says:

    ini mah generalisir hehehehehe …. faktor kebiasaan dan mengidentikan suatu profinsi pastinya sering terjadi dan memang nama padang lebih tekenal dibanding kota lain di Sumbar

  9. tunsa says:

    hahahaha…pertanyaanku kah?:mrgreen:
    huaaa..
    aku taunya sumbar itu hanya padang, sumut hanya medan, kaltim hanya balikpapan, hehe..
    dasar…!!!

  10. depz says:

    hihi

    postingan ringan yg menggelitik
    apa karena kultur kita yg suka menggenaralisir?
    org jakarta = betawi
    medan = batak

    bout nasi padang, mungkin yg lebih para itu bika ambon, kok adanya di medan๐Ÿ˜€

  11. Sya says:

    Tapi saya sih udah tau bedanya orang Minang sama orang Padang. Berarti bukan saya yang nyangka kamu orang Padang kan?:mrgreen:

  12. choirunnangim says:

    assalamu’alaikum…
    wah jadi masuk kategori orang mana ya..?
    apapun itu ga penting..
    yang penting ajari saya bahasa Padang dan daerah sekitarnya,,,
    sebab saya sedang jatuh cinta dengan orang Padang…
    setahu saya orang dari sana sangat memiliki etos kerja yang tinggi..

  13. dmilano says:

    Saleum,
    awak urang aceh, tapi bisa bahso minang, baa pulo tu ???๐Ÿ™‚
    jadi ingat dulu waktu di kuranji, ampir sebulan disana dirumah adik.
    untung saya jago bahasa minang/pariaman sehingga berkomunikasi dengan warga jadi lancar
    saleum dmilano

  14. Regina says:

    Samaaaaa… kalau aku ditanya orang mana, biasanya jawab “orang Sulawesi Utara”, pasti dikiranya dari Manado. Padahal sih enggak lahir Manado๐Ÿ˜›

  15. Bunga says:

    Salam Kenal Mbak, kok menbahas Orang Minang.. kalo orang bilang Orang Padang belum tentu Orang Minang Tapi orang Minang pasti orang Sumatera Barat. dan jarang pula orang daerah lain yang menyebut diri nya orang padang.

  16. edratna says:

    Memang salah kaprah ya..seperti jika dikatakan orang Jawa…lha Jawa yang mana?
    Padahal Jawa Barat juga Jawa kan?

    Begitu juga halnya dengan Minang…awalnya malah asal Sumatra Barat, semua di bilang orang Padang….seperti makan apa? Jawab nya nasi Padang.
    Padahal nasi khas itu ada di daerah Sumatra Barat, tak hanya di Padang.

  17. aRuL says:

    Yah orang-orangkan mengetahui sesuatu itu dari hal terkenal dari daerah itu, karena Padang ibukota Sumatera Barat jadi afiliasi utk daerah2 Sumbar pasti ke Padang.

    Begitu juga kalo saya meperkenalkan diri, awalnya saya bilang makassar, tapi kalo mereka sudah tau Makassar? Sulsel yah saya langsung merujuk ke daerah saya langsung.

    Oh iya pertanyaannya berarti Suku Minang itu semua yg di Sumbar ya?

  18. vizon says:

    Kenalkan, saya orang Minang, asal Bukittinggi, beristrikan orang Payakumbuh, suka sekali makan Nasi Kapau, pernah cukup lama hidup dalam rutinitas rumah makan Padang di kota Duri, dan sekarang saya tinggal di Jogjakarta… gak membingungkan bukan? hahaha…๐Ÿ˜€

    Samo awak Fit, posai bona kalau ado nan mangatokan awak ko urang Padang, awak kan urang mudiak, haha..

  19. bhiberceloteh says:

    Hehehe.. aku ngakuuu! klo denger sumatra barat langsung mengambil kesimpulan : orang Padang!
    huehehehe…!

    tp kalo minang, aku beneran ga tau loh kalo minang itu ga selalu orang padang.. *tepok jidat*

  20. andre says:

    wah. ternyata minang itu nama suku, sedangkan padang itu nama kota. saya baru tau. kalo soal masakannya sama enggak?

    hmm..iya minang itu suku yang ada dikota padang mas..masakannya mah satu..๐Ÿ˜€

  21. yusuf says:

    kl dr suku jawa sndiri kl kondisi ky gt
    maksudx “u rang pasang y?”
    tu bukan u rang koya pasang ya
    tp u rang suku pasang y

    cz kl sbut kota banyak
    tp kl sebut suku langsung mengerti

  22. yusuf says:

    q g taw kl si sn rasis pa g tp kl si jawa sebut suku g masalah
    misalx kt tx u dr mn
    kl dr
    bansung=sunda
    jakarta=betawi
    medan=batak
    aceh=aceh
    sumsel=lampung
    sumbar=riau

    kan lambang kt da tulisan binekax
    beda bkn berarti musuh
    sperti sunda n jawa
    ni konteks/pola pikir rang suku jawa y
    jd kl taw rang luar andai berbuat ksalahan g dimarahi cz g taw adat sini

    jd kl da suku yg sebut nama sukunya bukan hal rasis
    beda bukan berarti musuh
    n kl beda jgn sidamakan
    cz itulah sistem kekerabatannya

  23. Agam says:

    itu terjadi karena ibu kota dari sumatra barat adalah padang, makanya waktu jumpa dengan orag dari luar sumatra barat, orang2 lebih mngenal ibu kota sumatra barat dari pada kota2 lain yang ada di sumatra barat

  24. mirhan harahap says:

    Bener tuh,
    Sumatra barat itu banyak suku, contohnya daerah pasaman,itupun masih di daerah pasaman barat,
    Aku tinggal didaerah pasaman barat tepat nya rao,
    Didaerah tempat tinggal ku saja ada orang minang,mandailing,india, tionghoa, batak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s