Kopi, Adakah Manfaatnya?

Kalo diperhatikan, banyak banget orang-orang disekitarku yang suka banget minum kopi. Apa lagi salah seorang temen kerja aku tuh, gila aja minum kopi tu dah kaya minum air putih. Padahal khan minum kopi bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Tapi apakah itu benar?? Karena penasaran, malam tadi aku sempat googling, apa sih dampak buruk dari minum kopi.. well, sejujurnya aku lumayan kaget, ternyata kopi itu banyak manfaatnya bagi kesehatan dari pada efek sampingnya.. Asal di minum ga berlebihan ya tentunya..๐Ÿ™‚

Kopi menyediakan antioksidan dewasa rata-rata lebih dari makanan atau minuman lain. Hasil analisa lebih dari 100 makanan dan menggunakan data Departemen Pertanian pola konsumsi pangan untuk menghitung temuannya. Hasil penemuan menemukan bahwa rata-rata orang dewasa mengkonsumsi 1.299 miligram antioksidan setiap hari dari kopi (jumlah dalam waktu kurang dari 10 ons kopi). Ini bukan untuk mengatakan kopi yang memiliki antioksidan lebih dari makanan lainnya, kacang merah kecil memiliki TAC (kapasitas antioksidan total) tertinggi dan berries yang nomor dua.

Jadi apa aja sih manfaat kopi bagi kesehatan ??

Menurut Harvard Women’s Health, konsumsi kopi beberapa cangkir sehari dapat mengurangi resiko beberapa penyakit :

  • Diabetes

    Dua puluh studi yang dilakukan diseluruh dunia menunjukkan bahwa kopi bisa mengurangi resiko diabetes tipe 2 hingga 50% lho. Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam kopi yang berepran memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1 (zat kimia yang meningkatkan insulin atau hormone yang mengatur penyerapan gula kedalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yang diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa yaitu trigonelin (pro vitamin B3).

  • Kanker

    Riset secara konsisten menunjukkan bahwa kopi mengurangi resiko kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar.

  • Sirosis

    Kopi melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis karena kecanduan alcohol.

  • Penyakit Parkinson

    Para peminum kopi memiliki resiko terkena Parkinson 50% lebih rendah disbanding mereka yang tidak minum kopi. *whattt???haruskah aku jadi peminum kopi juga??? *

  • Penyakit Jantung dan Stroke

    Konsumsi kopi tidak meningkatkan resiko jantung dan stroke. Sebaliknya, kopi justru sedikit mengurangi resiko stroke.

    Sebuah studi atas lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki resiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. *jadi mikir ulang, sepertinya musti jadi peminum kopi juga nih saia:mrgreen: *

    Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama.

  • Fungsi kognitif

    Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33% pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.

  • Antidepressant
  • Kopi membantu kulit dengan anti-penuaan sifat dan membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan mengurangi kemerahan.
  • Meredakan Asma
  • Meningkatkan energy dan hnilangnya bantuan berat badan (caffeinated)
  • Membantu mencegah kerusakan gigi
  • Meminum kopi sebelum berolahraga dapat mengurangi nyeri otot, meningkatkan daya tahan atletik, waktu reaksi dan kinerja fisik secara keseluruhan.

Mengkonsumsi 1,5 -4 cangkir kopi setiap hari bermanfaat, tetapi juga punya downfalls nya, terutama disebabkan oleh kadar kafeinnya.

Efek samping kopi :

  • Konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan dan akhirnya keracunan kafein. Sesedikit cangkir 4-6 ons menyebabkan intoksidasi kafein. Oleh karena itu, buat yang mengkonsumsi kopi agar tidak mengantuk disarankan agar mengkonsumsi kopinya disebar sepanjang hari.
  • Kafein yang berlebihan menyebabkan peningkatan asam lambung dan meningkatkan resiko pengembangan maag.
  • Meningkatkan denyut jantung dan tingkat metabolisme istirahat.
  • Meningkatkan buang air kecil dan dehidrasi *jadi selama bulan puasa kurangi konsumsi kopi yaaa๐Ÿ˜€
  • Menghambat pertumbuhan anak-anak
  • Noda pada gigi.
  • Perubahan pola tidur dan insomnia.

Perlu diingat bahwa menambahkan gula atau susu dapat meningkatkan kolestrol LDL dan berkonstribusi terhadap resiko diabetes dan obesitas.

Riset mengenai hubungan konsumsi kopi dengan keguguran kandungan tidak memberikan kesimpulan seraga,. Tapi, biar lebih aman ibu hamil disarankan untuk tidak minum kopi levbih dari satu cangkir kopi sehari.

Well.. walau kopi menawarkan banyak keuntungan dari pada efek sampingnya, sangat sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu..๐Ÿ™‚


btw, aku beneran jadi mikir panjang buat jadi peminum kopi nih, haruskah berpindah dari peminum susumenjadi peminum kopi???๐Ÿ˜›

Sumber: http://www.zonakesehatan.com


59 thoughts on “Kopi, Adakah Manfaatnya?

  1. bundamahes says:

    bayangkan Fit, aku yang biasanya sehari minum minimal 1 gelas kopi harus berhenti total dalam masa kehamilan sampe menyusui nanti, bayangin gimana tersiksanya batinkuuuuuuuuuuu…๐Ÿ˜ฅ

    *numpang curcol

  2. Beny Tetra Putra says:

    baiknya kopi itu yg tidak bercampur apapun ,, ya kaya kopi hitam gtu..๐Ÿ™‚
    apalagi tidak pakai gula…,akan lebih bgs khasiatnya,,,,!! Thanks bgt Postingannya fit,, sangat bermanfaat sekali nih…. hehehehe

  3. Asop says:

    Noda pada gigi? Ah, itu sih rokok!๐Ÿ˜€

    Gampangannya gini aja, kopi itu memang bikin kecanduan, tapi sangat lebih baik ketimbang kecanduan rokok, ‘kan?๐Ÿ˜€ Mending kecanduan kaffein ketimbang kecanduan nikotin.:mrgreen:

    Nah, saya meyakini, kopi bisa jadi doping alami. Sudah jelas kopi meningkatkan detak jantung. Jadi, setiap kali mau olahraga, sejam sebelumnya saya minum kopi hitam.๐Ÿ˜€ Hasilnya, sungguh fantastis, saya merasa kuat.๐Ÿ™‚
    Oh ya, tentu kopinya tanpa gula dong, atau gulanya sedikiiiiit aja (kalo lagi males minum pahit). Tanpa gula itu sehat!๐Ÿ˜†

  4. Asop says:

    Oh ya, kelupaan, saya membaca di artikel kesehatan di internet (seingat saya di yahoo), minum kopi tiga jam sebelum olahraga bisa membantu menurunkan berat badan lho. Bisa membakar lemak lebih banyak ketimbang nggak minum kopi.๐Ÿ™‚

  5. kira says:

    wadoh, sebgai mantan anak pondok’an ya, kopi ni udah tradisi, ke warung, ya warung kopi, tiada hari tanpa kopi, ditemani sbatang rokok di mulut. hohohoho….

  6. dey says:

    beneran nih kopi dapat mengurangi resiko penyakit jantung & stroke ?
    saya sudah bertahun2 sama sekali tidak minum kopi, menghindari 2 penyakit itu, krn saya pengidap hipertensi.

  7. lozz akbar says:

    kelihatannya cuma satu tuh efek negatif kopi yang terjadi pada diri saya, yaitu insomnia

    jadi tetepa jadi mania kopi deh.. No Coffee No Story mbak Fit hehe

  8. rimarahayu says:

    Jika suasana hati saya sedang tidak baik, saya selalu mencari kopi karena saya percaya, a good cup of coffee can heal everything. Saya menjadi lebih tenang dan bisa berpikir lebih jernih๐Ÿ˜€

  9. niee says:

    eh aku tertarik dengan kopi ternyata dapat mengurangi efek kerutan di wajah gitu yak, terus bisa menaikkan berat badan? *berfikir mulai ingin minum kopi*

  10. novel blog says:

    kalo mau beralih ke kopi, mungkin yg harus diingat adalah minumnya harus pas alias ga boleh berlebihan supaya manfaatnya dapet dan efek samping berkurang๐Ÿ˜€

  11. bundadontworry says:

    segala sesuatu, termasuk makanan atau minuman, jika tak berlebihan, malah ada manfaatnya ya Fitri๐Ÿ™‚
    bunda ngopi cukup 2x sehari, pagi dan sore
    dan, kopi pahit tentunya๐Ÿ™‚
    salam

  12. gadgetboi says:

    kopi itu nikmat๐Ÿ˜€ … yang penting meminum kopi sesuai dengan manfaatnya saja. semoga saya tidak mengalami masalah seperti diatas๐Ÿ˜€ …

  13. maminx says:

    mantap ya kopi. tapi kalau berlebihan memang bahaya. terutama kalau pake gula dan cream nya berlebihan. malah makin bahayain tuh, hehe. karena saya kalau lagi gak bulan puasa gini musti tiap hari ngopi sebelum memulai kerja๐Ÿ˜€

  14. Bayu says:

    wahh ternyata kopi banyak juga manfaat nya yahhh. dan banyak juga mudarat nya. untung saya ngak suka ama kopi. hihihi.

    eh kopi bisa menghambat pertumbuhan anak. hmmm anak anak makanya ngak suka di kasi kopi. sukanya air susu ibu.

  15. Kakaakin says:

    Kopi? aku suka yang pake susu atau krim dan manis tentunya. Tapi sesekali aja sih.
    Pokonya harus manis๐Ÿ˜€
    Baru tau juga, kopi bisa mengurangi resiko kanker๐Ÿ™‚

  16. idana says:

    masih belum kepikiran untuk minum kopi, karena pernah dicoba walau dengan yang full cream
    hasilnyaa…jadi mual2 dan maag tiba2 kambuh๐Ÿ˜ฆ

  17. Allisa Yustica Krones says:

    Dulu saya pecandu kopi, dalam semalam bisa 5 gelas habis untuk begadang bikin aplikasi. Tapi trus sejak hamil hingga menyusui sampai Raja berusia 10 bulan, saya berhenti total ngopi. Sekarang, dalam sehari saya membatasi maksimal 2 cangkir saja dalam sehari.

    Kopi memang banyak manfaatnya kok, makanya konsumsi kopi lebih sering dianjurkan dibanding teh hijau. Asal ya itu, jangan sampai berlebihan. Apapun itu, kalo sudah berlebihan ya jelas tidak baik. Dan jangan lupa, tetep perbanyak konsumsi air putih๐Ÿ™‚

    Anyway, thanks for this post. It’s nice!

  18. khanc931 says:

    waduh.. kopi?? susah deh buat lepas nya.. kopi adalah salah satu teman setia saya pas lagi ngeblog. jadi kopi tetap dihati.. tapi kalo bis inum kopi satu gelas.. pasti ane minum air putih 2 gelas.. buat nyuci ginjal.. heeheee

  19. frezy says:

    minum kopi bikin dunia gua terbalik, malam jadi siang, siang jadi malam…hikshiks..

    *btw, baru tau kalo nambahin gula itu nggak baik..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s