Arti Sebuah Janji

Hari ini untuk yang kesekian kalinya musti kecewa.. janji yang kesekian kalinya, dan masih juga ga bisa ditepati..😦 ahh..apakah janji sekarang ini udah ga bermakna lagi?? Bukan sesuatu yang berharga?? Padahal khan janji itu adalah hutang. Kenapa kita sekarang mudah banget melupakan dan tidak menepati janji yang udah kita ucapkan.

Betapa seringnya kita setiap berjanji mengucapkan “Insya Allah”, tapi maknanya udah bergeser.. Insya Allah sering diartikan, boleh-boleh aja kalo ga ditepati. Padahal arti sebenernya Insya Allah itu kalau Allah menghendaki. Dan bisa di bilang artinya 90% iya kalo ga ada halangan yang memberatkan. Ada sebuah hadist :

Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr bin Ash radhiallahu’anhuma, bahwasanya Rasulullah pernah bersabda: “Ada empat sifat, yang apabila ada pada diri seseorang, maka ia adalah seorang munafik tulen. Dan apabila ada salah satu sifat dari yang empat sifat itu, maka ia telah ada salah satu sifat munafik pada dirinya sehingga ia meninggalkannya; jika dipercaya berkhianat, jika berbicara ia dusta, jika berjanji ia mungkir dan jika berselisih ia curang” Muttafaq’alaih H.R.Bukhari(34) dan Muslin(2314)

Wuuiihh.. Serem khan.. tidak menepati janji merupakan salah satu sifat munafik. *semoga kita dijauhi dari sifat ini ya*

Well.. aku paling sebel kalo ada yang berjanji tapi ga ditepati, apalagi kalo alasannya menurutku terlalu mengada-ada. Yah, kalo alasannya bisa di terima mah ga apa-apa. Atau kalo janji buat ketemuan, tiba-tiba ga bisa datang atau ada hal lain yang mendesak dan ga bisa datang, ya mbok dikabari, biar orang yang kita ajak buat ketemuan itu jadinya ga menanti terlalu lama, dan akhirnya kehujanan dan basah kuyup dan jadi demam #curcolπŸ˜€. Aku juga pasti pernah ga nepatin janjiku.. tapi sebisa mungkin pasti aku usahain untuk ditepatin. Kalo ga, kok rasanya ada rasa ga enak dan bersalah gitu ya jadinya.

Yah, intinya sih, berusaha deh buat nepatin janji yang udah kita bikin.

Sekian dulu curhatan sayah malam ini.. berhubung lagi ga enak badan, aku mo istirahat dulu yaa.. nite allπŸ™‚

43 thoughts on “Arti Sebuah Janji

  1. bundadontworry says:

    semoga hari ini Fitri dah gak demam lagi ya…………
    menepati janji juga adalah cermin dr kepribadian kita yg dinilai orang ya Fit
    jadi, marilah kita berusaha utk selalu menepati janji, kalaupun ada halangan, setidaknya mengabarkan ke tidak hadiran kita , agar orang lain tak kecewa , bukan begitu?πŸ™‚
    salam

  2. Abi Sabila says:

    Saat membaca komentar ini, semoga mbak Fitri sudah dalam kondisi terbaiknya.

    Betul yang mbak Fitri katakan, sekarang banyak orang menyalahgunakan kata insha Allah,menjadi seolah-olah tak ada tanggung jawab untuk menepati sebuah janji. Semoga kita tidak termasuk yang demikian. Amin, insha Allah.

  3. ~Amela~ says:

    Jleeeeeeb.. iya sih. kadang insyaAllah kok jadi kayak penolakan halus gitu yaa.
    tapi sekarang saya udah belajar menolak ajakan/tawaran secara halu, ga bertameng kata insyaAllah.. kalau emang ga berminat datang mending bilang tidak deh..
    daripada janji terus diingkari..
    nice postπŸ˜€

  4. jarwadi says:

    aku kadang susah mengendalikan diri bila berjanji dengan seseorang kemudian ia membatalkan secara tiba tiba, atau ngareet dalam menepati janji, misal janjian jam 3 tapi datang jam 4😦

  5. bangauputih says:

    paling sebel sama orang yg nggak bisa menepati janji,
    tapi sabar ajah yah mba.
    saya kalau janji ama temen biasanya diledekin kalau bilang InsyaAllah, katanya itu baru 99%, harus bilang IYa, janji baru mereka puas. bener2…..

  6. nh18 says:

    Manusia itu yang dipegang adalah perkataannya …
    termasuk didalamnya … Janji …
    So jangan pernah bermain-main dengan perkataan kita sendiri

    Salam saya Fit

  7. Aditya Fajar says:

    Janji=Utang, Utang boleh ditagih tapi memberikan keringanan lebih baik. Emm.. jadi diikhlasin aja gimana? Insha Allah balasannya jauh lebih baik daripada keselnya hehehehe…

    Salam kenal ya FitπŸ™‚

  8. Rumah says:

    iya benar banget Kak Fitri …
    Janji itu harus senantiasa di tepati …

    Sekarang mah orang-orang teh mungkin termasuk saya kerap kali salah mengartikan makna dari “Insya Allah” …
    #ampuni kami yaa Allah ..

    Semoga Kak Fitri dalam keadaan baik selalu dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT …

    Semoga Aku, Kamu, Kita dan Mereka senantiasa menjadi orang yang menepati janji ..
    aamiin yaa Allah yaa Rabbal Alamin ^_^

  9. nuraeni says:

    kebanyakan cowo sekarang hanya mengubar janji saja…
    tk ada yang menepatinya,,
    paling hanya edikit kalau di contoh di antara 10 orang cowo hanya 3 orang yang menepatinya…

  10. Alid Abdul says:

    jujur yak saya paling benci klo ada orang yang bilang “InsyaAllah”
    pasti semua bilang “kan kehendak Allah”
    tapi kita harus optimis klo akan dikehendaki…

    makanya klo bikin janji harus IYA IYA ato TIDAK TIDAK

  11. isnuansa says:

    Cepet sembuh yah, Fit. Wah, nungguin janji sampai kehujanan gitu, pasti penting ya acaranya. Mending kalo udah ada tanda-tanda dia nggak bakalan dateng, tinggal aja.πŸ™‚

  12. non inge says:

    yah… setuju banget dengan bergesernya arti InsyaALLAH sekarang ini…

    kadang sebel saat tau nggak dateng dengan alasan yg g jelas apalagi kalo sampe buat kita nunggu (janji ketemuan) tp ya… apa bisa jadi alasan kita untuk nggak mengharap banyak dari seseorang saat mereka mengucap janji -_-“

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s