Ayo Meng-ASI

20150721_125839

Pengen ikut meramaikan World Breastfeeding Week yang diperingati dari tanggal 1-7 Agustus 2015, sharing pengalaman menyusui Baby D.

Di zaman yang udah maju gini, aku rasa udah hampir semua orang sadar kalo ASI itu adalah makanan terbaik untuk bayi, selain itu juga paling murah ga perlu keluar uang juga buat dapetinnya. Tapi buat ibu baru terkadang nge ASI itu banyak banget tantangannya. Seperti yang pernah aku ceritain disini, salah satu tantangannya ya itu, lingkungan sekitar yang terkadang ga pro ASI.😦 dan alhamdulillah bersyukur banget si uda mau jadi ayah ASI. Selalu mendukung disaat aku lagi down, mijitin kalo kecapekan, walo kadang saking mendukung ngeASI nya si uda malah keras banget ke aku nya, dan bikin aku nya jadi yellow mellow gitu deh, ah maklumlah ya, awal-awal melahirkan gitu ibu-ibu kan suka sensitif banget ya..😀

Tantangan lainnya, puting lecet yang disebabkan pelekatan bayi yang ga sempurna disaat menyusui. Yah namanya juga masih sama-sama belajar ya, aku nya baru belajar gimana cara menyusui, Baby D nya baru belajar gimana ngisap putingnya. Ga cuma lecet sih waktu itu, tapi sampe luka dan berdarah gitu, waktu itu malah sempet ngisap darah Baby D nya, saat putingnya udah sedikit luka, eh masih aku paksain buat menyusui.. Hfiuuhh…

Saat umur 2 bulan Baby D sempat mogok nge-ASI. Tiba-tiba aja, setiap kali mau disusui pasti nangis kejer gitu. Setelah diliat, ditenggorokannya seperti ada sariawan gitu. Sedih banget tiap mau disusui dianya nangis gitu… dan ini terjadi selama 2 mingguan kalo ga salah. Setelah sariawannya sembuh, tetap ga mau menyusui, bingung. Setau aku kalo dipaksain malah bikin anak trauma, jadinya yah, setiap dia pengen menyusui biasanya aku bujukin dulu dikit-dikit dengan PD ku, awalnya ditolak, butuh kesabaran banget rasanya biar Baby D nya bisa balik nge ASI lagi. Dan syukurlah proses relaktasinya berhasil..

Ga hanya sampai disana tantangan yang mesti dihadapi, saat baby D mogok ASI, aku juga mengalami penyumbatan ASI yang membuat payudaraku bengkak dan sakit banget. Ga cuma bengkak dan sakit PD nya tapi juga disertai dengan demam tinggi. Kalo bengkak dan sakit PD nya sih udah sempat ngalaminnya beberapa kali, tapi kali ini karena disertai demam yang lumayan tinggi hampir 40 derjat celcius, saking tingginya aku sampe ga bisa ngontrol gerak jari tanganku, akhirnya di bawa ke IGD deh… untungnya ga sampe nginap di rumah sakit deh.

Sebagai ibu yang bekerja dan menyusui, pastinya aku juga pumping untuk memenuhi stok ASI Baby D, sayangnya dikantor tuh ga ada disediain ruangan untuk menyusui😦 mo pumping diruangan kan ga mungkin lah ya, di Musholla, dikantor ga ada musholanya, ada sih mesjid tapi agak berjarak dari kantornya, jadilah dengan terpaksa pumping di kamar mandi😦, semoga kedepannya di kantor-kantor pemerintahan disediain ruangan buat ibu menyusui deh ya…

Well, sebanyak apapun tantangan saat menyusui, semuanya terbayar kok saat liat Baby D tumbuh sehat dan ceria. Alhamdulillah.

20150802_071436

Dan aku sangat setuju dengan quote ini :

Menyusuilah dengan keras kepala. Sesulit apapun tantangan menyusui, ingatlah,

You are not alone, Mom (Wynanda Bagiyo Saputri)

Happy breastfeeding mommies.. tetap semangat.

Happy World Breasfeeding Week…

11 thoughts on “Ayo Meng-ASI

  1. Bibi Titi Teliti says:

    Fitriiii…
    Semangat terus ngasih asi-nya yaaaah :))
    Memang berat, tapi InsyaAllah asi itu investasi tak ternilai buat anak kita🙂

    Duh, kesian banget sih mompanya di toilet, mudah2 segera ada ruangan yg lebih nyaman yah🙂

  2. NisadanChicco says:

    duuh kalau inget awal2 belajar menyusui itu gimana gituu yaa…puttingku ampe lecet ampe kulitnya nempel ke bibir anaku ahahaha. berdarah pula. belum lagi suster di RS ngajarin katanya kalau mau merah asi better pake tangan lebih alami..dan itu rasanya alamaakkkk suakit hahahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s