Ospek oh Ospek

gambar di ambil dari www.ft.unand.ac.id

gambar di ambil dari sini

Abis main ke blognya ii, jadi pengen ikutan posting tentang MOS (Masa Orientasi Sekolah) atau OSPEK (Orientasi Pengenalan Kampus)..๐Ÿ˜€

Sepertinya setiap tahun selalu aja terjadi kontroversi tentang penyelenggaraan OSPEK atau MOS ini yak.. kalo ditanya aku setuju ga sih kalo Ospek/MOS diadakan? Aku setuju aja sih asal penyelenggaraannya ga keterlaluan, ga pake acara gampa-gamparan, ga nyari-nyari barang yang aneh-aneh. Selagi dalam batas wajar dan ada manfaatnya kenapa tidak, iya kan..?? *padahal kalo disuruh buat ngulang ikutan ospek aku juga ogah sih muahahahah……๐Ÿ˜€

Apa sih bedanya MOS ama OSPEK? Sebenernya MOS ama OSPEK itu sama-sama masa orientasi sih, bedanya MOS itu untuk siswa/i baru di sekolah sedangkan OSPEK itu untuk mahasiswa/i baru di perguruan tinggi.

Dulu masa SMP dan SMA alhamdulillah sih ga ngalamin masa orientasi yang macem-macem, standar-standar aja. Seingat aku ga ada pake-pake pita, pake tas kresek. Yah aman tentram lah dulu sebagai siswi baru mah..

Nah, giliran OSPEK nih yang merasa banget๐Ÿ˜€ *berasa banget sengsaranya..:mrgreen:

Secara yah, ospeknya anak teknik. Tau sendiri kan ospeknya anak teknik itu terkenal kerasnya *katanya sih*๐Ÿ˜€. Eh tapi yang pengen masuk teknik tenang aja deh, sekarang mah ga ada lagi tuh ospek yang katanya keras itu, soalnya udah ada larangan dari dekan dan rektornya๐Ÿ™‚

Aku dulu tuh ospeknya lebih kurang hampir satu semester, ospek tingkat fakultas selama hampir sebulan apa 3 bulan yah? *lupa* maklum aja udah 11 tahun yang lalu sih๐Ÿ˜› trus dilanjutin ama ospek himpunan di jurusan. Selama satu semester, mesti pake rok warna gelap dan tas ATEK (Anak Teknik) yang terbuat dari goni tepung segitiga biru yang di di warnai dengan warna biru keabu-abuan. Ada aturan yang ga boleh dilanggar selama ospek, aturan ini dikenal dengan nama PETAKA 13.

PETAKA TIGO BALEH

13 KUTUKAN KOSMIK (Kegiatan Orientasi Mahasiswa Teknik {Universitas Andalas 2004})

  1. Senior yg dipertuan agung, raja diraja, ninik mamak, cadiak pandai, alim ulama, suluah bendang dalam nagari, tidak dipanggil dengan sebutan Kakak, Abang, Mas, Mbak, apalagi Papi atau Bokap. Melainkan dipanggil dengan sebutan Uda dan Uni. Setiap bertemu, berpapasan, beradu pandang, bertemu muka dengan senior, wajib disapa dengan wajah ramah dan penuh senyum. Senior wajib dihormati, disegani dan wajib menjalin hubungan baik dengan semua senior, baik dengan berkomunikasi, berbincang-bincang dan mengisi buku suci. Bahasa resmi yang dipakai dalam perbincangan dengan senior di teknik adalah bahasa minangkabau.
  2. Tidak diperkenankan membawa segala jenis hape, baik nokia, ericcson, sony ericcson, motorola, hape tembak, hape pinjam, pager, alat komunikasi, arloji, maupun senjata, seperti senjata tajam, senjata tumpul, senjata api, senjata biologis, senjata kimia, senjata fisika, granat, baik granat tangan maupun granat kaki, ranjau darat, ranjau laut, ranjau udara, segala jenis bom, baik bom bali, bom mariot, bom atom ataupun segala sesuatu yang dapat dijadikan senjata atau alat pembunuh massal.
  3. Dilarang membawa kendaraan pribadi, kendaraan punyo abak, punyo amak, punyo adiak, punyo mamak, atau kendaraan kantor, seperti mobil, sepeda motor, mesin giling, alat berat, alat ringan, helikopter, kapal terbang, kapal laut, kapal selam, kapal apung, kapal nelayan, becak dan gerobak, baik yang beroda maupun yang tidak beroda. Tidak boleh juga, diantar oleh siapapun baik Bokap, Nyokap, mami, papi, uda, uni, kakak, adik, etek, angku, Mak etek, Mak uniang, sodara kandung, sodara tiri, sodara sepersusuan, ataupun oleh nenek, baik nenek moyang maupun nenek lampir.
  4. Dilarang pake perhiasan, lipstick, calak, eye shadow, kutek, inai, segala macam kalung, cincin, segala macam gelang, anting, barang mewah, brg curian, brg milik tetangga, seperti emas asli, emas palsu, emastasi, harta karun, aksesoris seperti jam tangan, jam dinding, jam gadang, jamRud, JamRet, telpon genggam, telpon rumah, telp. koin, telp. kantor, telp. mainan, topi, baik topi baja, topi baret dan brg2 lain, kecuali yg disuruh senior. Berlaku baik untuk pria dan untuk wanita.
  5. Dilarang pake sandal, baik sandal jepit ataupun sandal bolong, carvill maupun swallow, dan tidak boleh memakai pakaian berbahan jeans dan baju kaos, baik kaos oblong ataupun kaos berkrah. Haram hukumnya memakai pakaian org lain, spt pakaian Adik, pakaian transparan, pakaian yang mencetak tubuh, pakaian gelandangan, atau pakaian nenek yang dapat memperlihatkan bentuk tubuh. Pakaian resmi yang boleh dipakai ke kampus adalah baju kemeja, singlet,celana dasar bahan dan sepatu dan kaos kaki untuk cowo’, serta baju kemeja, rok kain model A dan sepatu serta kaos kaki untuk cewek. Kelengkapan lain yang diwajibkan oleh senior, wajib dipakai.
  6. Dilarang berperilaku mamaik, kagadang-gadangan, sok paten, mati karancak’an, mantiak, atau melakukan prilaku menyimpang seperti memegang lawan jenis, menatap penuh harap pada lawan jenis, membelai belai ataupun melakukan perbuatan yang bertentangan dengan norma teknik, norma agama dan adat nagari minang.
  7. Dilarang memanjangkan rambut, atau memelihara segala macam bulu2an yang dapat menggganggu penglihatan senior, seperti kumis, jenggot, jambang, takujeng (tak kumis tak jenggot), bulu tangan, bulu perindu, bulukan, dan bulu2 lain yang dapat meresahkan senior
  8. Dilarang menarik perhatian senior, mengelukan senior, menggoda senior dengan cara apapun, seperti membasah basahi bibir, menjilat jilat bibir, senyum dikulum, membasah basahi lidah, mengoyang goyangkan pantat, mengeluarkan desahan desahan maut seperti aaaaahhhh, ihhhhh, uhhhhh, membusungkan dada, membusungkan perut, baik secara lahir maupun batin atau dengan cara cara lain seperti santet, pelet, kacang piriang, babi ngepet dll yang dapat membuat senior memanjat dinding dan berlama lama di WC
  9. Dilarang membawa segala macam surat, baik surat sakti, surat tanah, surat nikah, surat dukun, baik dukun beranak maupun dukun tidak beranak, memo rektor, dan surat2 lain yang dapat membahayakan senior.
  10. Dilarang menghisap segala sesuatu yg mengganggu mata seperti rokok, ganja, mariyuana, nikotin apalagi menghisap Jempol, baik jempol Kaki maupun jempol tangan atau segala sesuatu Yang berbentuk JEMPOL !!!
  11. Dilarang sakik sakik, rangkik-rangkik, patah-patah, mengigau atau mimpi yg aneh aneh, seperti mengajak kencan senior, mimpi basah, mimpi kering apalagi mimpi yang sempurna
  12. Dilarang mabuk2an, baik ringan maupun berat, mabuk darat, mabuk laut, mabuk harta, mabuk cinta, mabuk judi apalagi sampai mabuk Lagi.
  13. Dilarang MEMINUM SEGALA SESUATU YG DAPAT MEMBERI tenaga ekstra, seperti kuku bima TL, TI, TE, TM, TS, kado ultah mama, susu kuda liar, dan susu lainnya yg dapat meningkatkan nafsu makan ataupun nafsu tak terkendali

Kutukan ini berlaku sejauh jauh mata senior memandang dan berlaku sejak ditetapkan sampai dicabut kembali.

Kalo dibaca, itu aturan bunyinya kok kaya main-main dan lucu-lucuan gitu yah, padahal tujuan sebenarnya sih biar mahasiswa-mahasiswi barunya bisa bersosialisasi dengan baik dengan para seniornya, berpenampilan rapi serta sopan ketika ke kampus, serta biar ada kesetaraan gitu.

Selain peraturan diatas masih banyak hal nyiksa lainnya selama ospek sih.. mulai dari bikin laporan beberapa hari sekali dengan mesin tik, dikumpulin dilantai atas gedung jurusan setelah jam kuliah berakhir buat diteriak-teriakin, kadang-kadang digampar juga hiks, ngumpulin tanda tangan senior (ga boleh kebanyakan dari temen-temen, ga boleh kurang dari temen-temen) intinya sih mo dapet tanda tangan berapapun pasti bakal tetep dimarah-marahin ama senior, well, aturannya tetap, senior selalu benar, jika senior salah, kembali ke pasal sebelumnya.. Belum lagi waktu kemah bakti mahasiswa alias pelantikan jadi anggota BEM dan Himpunan Mahasiswa, pake acara diteriakin malam-malam dinegeri antah berantah, berenang dikubangan lumpur, macem-macem deh pokoknya.

Terus apa dong manfaat yang di dapet dari ospek yang kaya gitu?

Dari yang aku rasain sih, dengan ospek kaya gini, kita tuh seangkatan jadi kompak, jadi dekat dengan para senior, dengan sering bikin laporan yang disuruh ama senior-senior ini, jadi ga kaget lagi waktu bikin laporan praktikum dan tugas besar yang bejibun๐Ÿ˜€

Tapi tetap sih, aku ga setuju kalo ospeknya ada pake acara main gampar-gampar gitu.. sakit euy..๐Ÿ™‚

Yah intinya sih OSPEK itu indah untuk dikenang, tapi tidak untuk diulangi..๐Ÿ˜€

Jadi, gimana pengalaman ospeknya teman-teman? Ada yang pernah ngerasain hal yang sama dengan aku???

28 thoughts on “Ospek oh Ospek

  1. squall"Lone Wolf"leonheart says:

    saya baca 13 kutukan kosmik sambil cekikikan.. bisaan aja ya bikinnya..๐Ÿ˜€

    kalo dulu waktu saya SMP sih MOS nya gak macem2.. yg rempong itu waktu SMA.. segala disuruh bikin tas dr dus karton minuman gelas, disuruh bikin toga dari karton trus tali toganya digantungin permen lolipop, sama bawa balon gas.. cukup dikenang aja deh.. hihi

  2. bundamuna says:

    Klo ngomongin ospek, jd keinget klo aku duluuuuu ‘ngefans’ berat sama kakak senior *tutup muka* haha๐Ÿ˜›
    Kamu anak teknik ternyata Fit, teknik apa? Suamiku teknik sipil *sapa yg tanya* hahaha

  3. dikdik04 says:

    Muhahhaahha,,, Itu Petako tiga balehnya gilaaa.. hahahah lucu banget, tapi bagus yah, kampus tetap menjaga identitas minang, aku gak kebayang kalo yang dari luar padang, itu pakabar di suruh pake bahasa minangkabau..

    Kalo ospeknya bener sih, bikin mental kita lebih kuat, tau lah dunia luar lebih kejam dari dunia kampus. Dan yang paling penting jadi bahan cerita, mungkin kalo mbak Fitri gak ngalamin ospek, gakan ada cerita kyk gini dan aku gatau ada yang namanya petako tiga baleh :))))))

    • fitrimelinda says:

      nah..begitulah yg dari luar sumbar kaya aku dulu juga belajarnya waktu dikampus bahasa minangnya..kadang2 aku malah ada yg ngerti apa arti kata yg disebutin ama senior..๐Ÿ˜€

      begitulah dikung, niat awal ospek itukan biar kuat ngadepin dunia kerja teknik yang pasti kejam banget..๐Ÿ˜€

  4. fanny fristhika nila says:

    syukurlah aku g prnh ngerasain ospek ato mos.. jaman sekolah dulu tiap anak baru ga boleh di MOS.. yg ada jg kita bnr2 diksh tau selama seminggu masa pengenalan…dan senior kita baik2 bgtt… itu jaman aku sekolah di aceh utara mba..

    trs kuliah di malaysia, lbh asik lg :D… ank baru mah disambut dgn acara dnasa di hotel berbintang๐Ÿ˜€.. penyambutan dr rektor, diksh tau prestasi2 apa aja yg udh dilakukan d kampus tercinta, trs diisi dgn makan2 dan dansa… seruuuu ^o^… jd itu makanya aku g bisa abis mikir ama tradisi ospek ato mos yg skr… gunanya apa sih ngebully ank baru gitu? emg mental preman semua apa ya para senior yg bgitu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s